10 Wisata Terbaik Dharmasraya Mempesona

0
208

Dharmasraya,Sinar Pos

Dharmasraya salah satu kota yang ada di Sumatera Barat. Wilayah ini dulunya pernah menjadi ibukota dari pemerintahan Kerajaan Melayu.

”Dengan luas wilayah mencapai 3.346 Km2,tentu banyak wisata indah yang memukau, yang bisa dijadikan objek wisata.

”Kota ini juga memiliki populasi yang cukup padat penduduknya yang terdiri hidrogen.

”Yuk kita simak apa saja tempat wisata di Dharmasraya yang bisa membuat Anda kagum dan tak terlupakan saat singgah ke kota ini.

1. Air Terjun Timbulun

Air Terjun Timbulun ini adalah air terjun mini,dengan pemandangan alam yang masih asri dan indah serta bergaya modern.walaupun sudah ada sentuhan renovasi namun keindahan air terjun ini tetap terjaga dengan baik dan kualitas air masih jernih dan bersih.ini sangat cocok buat keluarga untuk mengunjungi wisata tersebut, air terjun ini juga cukup ramah sehingga aman untuk anak kecil bermain.

fasilitas murah dan memadai seperti toilet, ruang ganti dan kuliner. Biaya masuk juga cukup terjangkau. Sudah dapat dipastikan ini adalah salah satu destinasi wisata yang merakyat.

Lokasinya tepat : Jorong Kubang Panjang Kenagarian IV Koto, Kec. Pulau Punjung, Kab. Dharmasraya.

2. Bendungan Batu Bakawuik
Bendungan Batu Bakawuik ini sebenarnya
Fungsi utama adalah untuk irigasi persawahan masyarakat,namun corak bendungan ini sangatlah memukau dan seringkali di kunjungi oleh masyarakat, akhirnya lama kelamaan cukup terkenal, Setidaknya ada ribuan lahan yang subur berkat adanya bendungan yang luas dan besar ini. Namun seiring perjalanan waktu, beberapa spot yang ada di bendungan ini sering dijadikan destinasi wisata. Terutama saat senja sudah datang, banyak orang yang mampir sejenak sekedar untuk selfie atau duduk santai sambil menikmati jajanan di pinggir jalan. Karena ada beberapa pedagang keliling yang senagaja mangkal di tempat ini.

Lokasinya tepat: Koto Nan IV Dibawuah, Kec. IX Koto, Kab. Dharmasraya.

3. Bukit Tambun
Bukit Tambun
Sebuah bukit yang indah dan luas ini sering dijadikan lokasi paralayang karena bukitnya cukup bersahabat. Banyak atlet atau pengunjung biasa yang suka ke bukit ini hanya untuk terbang bebas dengan layangan besar. Angin yang ada di bukit ini cukup stabil sehingga dapat membuat aktivitas paralayang menjadi lebih menyenangkan.

Lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota Dharmasraya tempat ini mudah untuk dikunjungi. Sekilas tempat ini mirip dengan padang rumput jika dilihat dari atas karena tidak ada pohon besar yang menghalangi.

Lokasi tepat: Sungai Kambut, Kec. Pulau Punjung, Kab. Dharmasraya.

4. Candi Padang Roco
Candi Padang Roco
Situs sejarah yang menjadi saksi bisu adanya kerajaan Melayu tua di wilayah Sumatera ini tidak pernah sepi pengunjung. Meski sekilas nampak seram dan menakutkan karena banyak bangunan tua yang kurang terawat namun situs ini tetap memberikan nilai budaya yang sangat kuat.

Sebenarnya keberadaan candi baru benar dilakukan perawatan sejak tahun 2010 yang lalu sehingga banyak benda sejarah yang sudah rusak atau hilang. Meski demikian keindahan yang ada di tempat ini tetap saja memiliki ciri khas berbeda.

Lokasi: Siguntur, Kec. Sitiung, Kab. Dharmasraya.

5. Candi Pulau Sawah
Candi Pulau Sawah
Sekilas candi ini mirip dengan replika saja, meski demikian namun situs candi ini benar dan asli. Memang ada beberapa kerusakan di beberapa tempat, karena itu situs ini diberikan rumah khusus agar bentuk candi tetap dapat terjaga dengan baik.

Datang ke wisata ini Anda akan melihat beberapa hal yang tidak biasa pada sebuah candi. Penasaran? Silakan saja datang sendiri kemudian bandingkan dengan beberapa lokasi candi yang ada di Nusantara. Tentu akan memiliki aura dan citra yang berbeda
Lokasi: Siguntur, Kec. Sitiung, Kab. Dharmasraya

6. Danau Hijau
Danau Hijau
Disebut dengan danau hijau karena warna air yang ada di danau ini bewarna hijau. Belakangan ini wilayah Sumatera memang muncul beberapa danau karena memang dapat dikatakan munculnya danau ini karena buatan manusia.

Banyak area pertambangan yang kini berubah menjadi destinasi wisata karena menjadi lahan yang indah dan cantik. Tak ayal semua orang sering datang untuk berfoto atau selfie di tempat yang indah tersebut. Salah satunya Danau Hijau ini merupakan objek wisata yang berasal dari hasil tambang.

Lokasi: Sitiung IV, Kec. Sungai Rumbai, Kab. Dharmasraya

7. Embung Kotoranah
Embung Kotoranah
Hal paling menarik yang ada di embung ini ialah balon udaranya. Memang ada persewaan balon udara untuk berkeliling di sekitar embung. Banyak pemandangan menarik yang bisa Anda lihat jika naik ke balon udara ini.

Beragam keindahan tersebut sesuai dengan fasilitas yang tersedia di sekitar embung, sangat lengkap dan modern. Beragam fasilitas tersebut antara lain toilet, rumah makan dengan beragam menu dan lahan parkir yang luas. Pasti seru jika datang ke embung ini secara berkelompok.
Lokasi: Koto Ranah, Kec. Koto Besar, Kab. Dharmasraya.

8. Ngalau Cigak
Ngalau Cigak
Tempat ini berupa dataran tinggi yang memiliki panorama indah. Anda tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan sawah dan lahan hijau saja. Ada beberapa sungai dan danau yang bisa Anda lihat dari ketinggian. Hanya saja.untuk bisa datang ke puncak Ngalau Cigak ini butuh perjuangan yang panjang dan lama. Jika Anda pendaki pemula maka butuh waktu sekitar 2 jam, namun jika sudah terbiasa maka hanya butuh waktu kurang dari 2 jam saja.

Tidak dianjurkan membawa balita ke tempat ini karena rutenya cukup sulit jika harus menggendong. Namun bagi Anda yang sudah terbiasa membawa balita maka boleh saja asal ada pengawas atau pemandu yang ikut.
Lokasi: Kampung Surau, Kec. Pulau Punjung, Kab. Dharmasraya.

9. Puncak Gunung Medan
Puncak Gunung Medan
Banyak hal menarik yang bisa dilakukan di atas puncak, salah satunya meletakkan bendera merah putih. Kemudian Anda bisa kemah sejenak dengan bekal yang cukup banyak agar tidak kelaparan berada di puncak sebuah gunung yang sejuk dan dingin.

Selain itu, Anda juga dapat mengabadikan moment berharga itu dengan berfoto atau merekam video. Banyak sekali pemandangan indah yang bisa Anda nikmati bersama sahabat atau orang tersayang. Tidak dianjurkan membawa balita ke puncak gunung ini karena treknya cukup berbahaya.

Lokasi: Gunung Medan, Kec. Sitiung, Kab. Dharmasraya.

10. Rumah Gadang Siguntur
Rumah Gadang Siguntur
Meski namanya Siguntur namun rumah ini bukan milik Guntur putranya Soekarno presiden pertama. Pasalnya, rumah ini berupa peninggalan Kerajaan Islam yang ada di Sumatera Barat. Di dalam rumah ini terdapat banyak benda kuno yang tertata rapi dan terawat.

Beragam benda tersebut dirawat dengan baik agar generasi berikutnya dapat melihat benda bersejarah sebagai salah satu situs yang bisa dijadikan sebagai rujukan budaya. Pemerintah setempat memang mengalokasikan dana dengan jumlah tertentu agar situs ini tetap dapat terawat dengan baik.

Lokasi: Jorong Siguntur, Nagari Siguntur, Kec. Sitiung, Kab. Dharmasraya.

Itulah 10 tempat wisata di Dharmasraya yang menarik untuk dikunjungi. Banyak tempat yang asik dan menarik di Sumatera Barat ini bisa Anda kunjungi bersama sahabat atau keluarga tercinta. Semua destinasi wisata tersebut cukup beragam. Anda dapat memilih tempat yang bernilai budaya, atau sekedar bernuanasa alam saja. Ada juga beberapa lokasi yang sudah dikelola secara modern meski tidak meninggalkan kesan alami. Yang jelas, beragam destinasi wisata tersebut tentu memiliki ciri khas dan kharisma tersendiri yang akan membuat orang terkesan. Semoga liburan Anda menyenangkan.(berbagai sumber/Rahmad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here