Antisipasi Pohon Tumbang, Koramil 0815/09 Mojosari Bersama DLH-BPBD & Stakeholder Pangkas Pohon Sepanjang Jalan Protokol

0
94

Mojokerto, Sinar Pos

Guna mengantisipasi bencana pohon tumbang, Koramil 0815/09 Mojosari Bersama Forpimka (Camat dan Polsek), DLH, BPBD, Dishub, Dinas PUPR & PLN melakukan pengeprasan pohon disepanjang jalan protokol di wilayah Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (21/01/2021).

Pengeprasan pohon yang berlangsung di sepanjang Jalan Kartini tersebut, sebagai antisipasi kerawanan adanya pohon tumbang, mengingat pohon-pohon disepanjang jalan tersebut cukup tinggi dan membahayakan para pedagang ataupun pengguna jalan.

Terpisah Danramil 0815/09 Mojosari Kodim 0815/Mojokerto Kapten Inf Budiyono saat dihubungi mengungkapkan, pemangkasan dan pemotongan pohon di sepanjang Jalan Kartini, Jalan Niaga dan Jalan Pahlawan bertujuan untuk mengantisipasi pohon tumbang, mengingat jalan-jalan ini kondisi lalu lintasnya cukup ramai.

“Terlebih saat musim penghujan sangat rawan mengingat intensitas hujan cukup tinggi bahkan sering disertai angin kencang sehingga rawan terjadinya pohon tumbang. Namun untuk hari ini, sasaran pemangkasan yang sudah dikerjakan, baru disepanjang Jalan Kartini, untuk Jalan Niaga dan Jalan Pahlawan direncanakan minggu depan”, ungkapnya.

“Dengan dilakukannya pemangkasan pohon ini diharapkan bisa mencegah terjadinya pohon tumbang dan misalkan hal itu (terjadinya pohon tumbang) tidak bisa dihindari, paling tidak kerugian bisa diminimalisir,” tambahnya.

“Sebenarnya kegiatan ini sudah dikoordinasikan dan dirapatkan sejak Selasa (19/01) lalu, di Kantor Dinas PUPR dengan melibatkan Forpimka (Kecamatan, Koramil dan Polsek), BPBD dan DLH Kabupaten Mojokerto serta PLN setempat. Sudah disepakati ke depan, kegiatan pemangkasan dan pemotongan pohon ini, dilakukan seminggu dua kali, setiap Selasa dan Kamis,” pungkasnya.

Pantauan di lapangan, pemangkasan pohon terbagi dalam tiga kelompok, sedangkan alat peralatan dan sarana yang digunakan meliputi mesin pemotong kayu (Senzo), parang dan mobil DLH, Dinas PUPR dan BPBD Kabupaten Mojokerto, masing-masing satu unit.(ifa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here