UMKM Jadi Program Prioritas Paslon Nomor Urut 1 Kabupaten Ponorogo

0
65

Ponorogo, Sinar Pos – Dalam perekonomian Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar. Selain itu, kelompok ini terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan krisis ekonomi. Maka sudah menjadi keharusan untuk melakukan penguatan kelompok UMKM yang melibatkan banyak kelompok.

Penguatan UMKM menjadi program prioritas Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo, Nomer Urut 1, Sugiri Sancoko dan Lisdyarita.

Ketika menggelar ramah tamah, dan silaturahmi dengan para pendukung dan simpatisannya, di Rumah Makan Citra Sari, Jl.Gajahmada No. 17. Ngepos, Ponorogo, Sabtu, (10/10/2020). Calon Bupati Ponorogo, Kang Giri sapaan akrap Sugiri Sancoko mengatakan dimasa pandemi seperti ini semua terpukul oleh dampak pandemi, termasuk UMKM. Pemerintah harus hadir untuk memberikan solusi.

“Pemberdayaan UMKM merupakan langkah strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian besar rakyat Indonesia, khususnya melalui penyediaan lapangan kerja dan mengurangi kesenjangan dan tingkat kemiskinan. Upaya untuk memberdayakan UMKM harus terencana, sistematis, dan menyeluruh baik pada tataran makro maupun mikro.” Kata Kang Giri.

Kang Giri juga menjelaskan langkah – langkah strategis untuk pemberdayaan UMKM di Ponorogo.

“Pertama, pencipataan iklim usaha dalam rangka membuka kesempatan berusaha seluas-luasnya, serta menjamin kepastian usaha disertai adanya efisiensi ekonomi.” Terangnya.

“Kedua, pengembangan sistem pendukung usaha bagi UMKM untuk meningkatkan akses kepada sumber daya produktif sehingga dapat memanfaatkan kesempatan yang terbuka dan potensi sumber daya, terutama sumber daya lokal yang tersedia.” Lanjut Kang Giri.

“Ketiga, pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif usaha kecil dan menegah (UKM). Keempat, pemberdayaan usaha secara mikro untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang bergerak dalam kegiatan usaha ekonomi di sektor informal yang berskala usaha mikro, terutama yang masih berstatus keluarga miskin. Selain itu, peningkatan kualitas koperasi untuk berkembang secara sehat sesuai dengan jati dirinya dan membangun efisiensi kolektif, terutama bagi pengusaha mikro dan kecil.” Papar Kang Giri.

Untuk diketahui, pasangan calon bupati dan wakil bupati yang menamakan RiLis (Sugiri-Lisdyarita) l maju pada Pilkada Ponorogo tahun 2020, setelah sudah memenuhi mempunyai dukungan 9 kursi, sebagai syarat untuk mendaftarkan diri ke KPU. Partai politik (parpol) koalisi yang mendukung RiLis yakni PDI Perjuangan (4 kursi), PAN (3 kursi), PPP (1 kursi) dan Hanura (1 kursi). (Irwan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here