SOSIALISASI DBHCHT DI KECAMATAN PITU OLEH KANTOR BAGIAN ADMINISTRASI PEREKONOMIAN SETDA NGAWI

0
43

Ngawi, Sinar Pos

Ditengah pandemi Covid-19 Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Kantor Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah(Setda)Ngawi menggelar sosialisasi ketentuan di bidang cukai yang bekerja sama dengan kantor pengawasan dan pelayanan Bea dan Cukai Madiun,di Aula Kecamatan Pitu pada selasa 06/10/2020. Dengan peserta kurang lebih dari 40 orang ini dibatasi karena adanya Covid-19,tetapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sosialisasi ini mengambil Nara Sumber yang berkepentingan dibidang cukai yaitu,Yunus dari KPP Bea dan Cukai Madiun(tentang peraturan dibidang cukai),Edy Nuryanto dari Polres Ngawi (tentang ketentuan dibidang cukai),dan Kurniawan Andy Nugroho Kejaksaan Ngawi(tentang tindakan pidana cukai).

Aries Dewanta selaku Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Ngawi mengatakan sosialisasi ini untuk menyampaikan kepada masyarakat penjual rokok eceran dan penjual kios rokok eceran agar mematuhi peraturan yang berlaku karena apabila pendapatan hilang akan mengganggu dalam pendapatan negara. “Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) kepada daerah penggunaanya didalam PMK No.7 minimal 50 persen dianggarkan untuk jaminan kesehatan nasional,dengan adanya program program di Dinas Kesehatan”,tambah Aries Dewanta.

Edy Nuryanto dari Polres Ngawi juga mengatakan dalam pencegahan dari masyarakat agar tidak salah membeli atau menjual rokok ilegal,bila menjumpai rokok ilegal segera segera lapor ke polres atau polsek terdekat,dan akan kita tindak lanjuti keprodusen nya supaya penggeledahan,penangkapan dan penyelidikan dilaporkan ke kantor Bea dan Cukai Madiun.

Diakhir acara juga diadakan sesi tanya jawab yang akan dijawab langsung oleh yang bersangkutan dan semoga bisa menambah manfaat bagi masyarakat umumnya pengguna rokok.(Adv.No3r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here