Memperingati Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia yang ke 75

0
37

Surabaya, Sinar Pos – 17 september 2020 – Wakil ketua 1 PMI Kota Surabaya, Tri Siswanto didampingi Dokter Budi Arifah kepala UDD Kota Surabaya, mengatakan ini HUT PMI yang ke 75 – 17 september 2020, bertepatan dengan acara hari ini karena ini momentum yang sangat baik itu kita jadikan satu adalah pemberian donatur dari PT terminal petikemas kepada kita, kedua pemberian penghargaan kepada donatur donor darah yang berikutnya pemberian penghargaan kepada karyawan karyawan yang masa purna tugas ujar Tri Siswanto.

Sementara itu kepala UDD Kota Surabaya Dokter Budi Arifah mengatakan harapan kedepan untuk donor darah kita memang ingin selalu jumlah donor darah itu bisa memenuhi permintaan darah untuk Surabaya, jadi tidak hanya sekedar meningkatkan tapi yang paling penting adalah menjaga kestabilan stok darah. Pada saat tertentu banyak sekali, pada saat tertentu kosong ini kita upayakan untuk menjaga kestabilan darah itu agar seluruh permintaan pada waktu waktu sepanjang masa bisa terpenuhi ujarnya.

Golongan darah yang langka adalah paling sedikit golongan AB dan rhesus negatif. Jumlah rhesus negatif ini untuk seluruh dunia mungkin sekitar 1%, tapi kita punya komunitas rhesus negatif yang kita jadi punya data-datanya. Apabila ada yang dibutuhkan katanya.

Yang tak kalah pentingnya di musim pandemi ini kita sangat membutuhkan yang dinamakan plasma konvalesen, jadi kita membutuhkan plasma konvalesen itu pendonor yang sembuh dari Covid, jadi mantan Covid yang positif dan dibuktikan dengan hasil swab negatif minimal 14 hari tidak ada keluhan, itu persyaratannya, yang sekarang banyak kita butuhkan karena permintaannya makin hari juga makin tinggi dan kebetulan kita bisa membantu saudara-saudara kami yang baik di Jakarta Kediri Malang, permintaannya juga banyak ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dewan kehormatan PMI Kota Surabaya, Totok Sudarto mengatakan penghargaan yang saya terima sebagai penggerak donor darah sukarela, boleh dikatakan yang terbanyak, 20 untuk simbolis penerima penghargaan Walaupun ada 51 nama karena ada Social distancing, kita ada 20 untuk simbolis dan mereka masing-masing menerima penghargaan di mana selama pandemi ini yang banyak di harap, tapi kita sebagai penggerak mengajak mereka tidak tiarap sehingga kemarin mendapatkan 7413 bags, itu bagi saya luar biasa ujarnya.

PMI mengundang para donatur, pendukung untuk hadir mewujudkan semangat mereka untuk mengajak teman yang lain dan tak sampai disini saja. Mereka karena pandemi masih berjalan, semoga pendukungan ini sebagai ucapan terima kasih kepada pahlawan donor darah untuk sebungkus Hadiah atau bonus sembako dan lain-lain dan semoga yang diharapkan mereka semangat sekali untuk mau donor darah, menjadikan budaya donor darah sehingga masyarakat Surabaya atau seluruhnya bisa lebih sehat dan lebih sejahtera untuk membawa Indonesia lebih maju katanya.

Sekali lagi kami ucapkan banyak-banyak terima kasih buat pendukung dan kami agar bisa lebih untuk membantu PMI itu supaya bisa mencukupi kebutuhan PMI untuk kebutuhan dari pasien pasien Rumah Sakit tutur Totok Sudarto. (Nwi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here