Gesah Tani Bersama H.Sugirah, S.Pd.,M.Pd

0
93

Banyuwangi – Acara Gesah tani bertemakan ” Memajukan pertanian sebagai solusi atas pemulihan ekonomi di masa pandemi covid 19 ” yang diselenggarakan oleh Komunitas Petani Banyuwangi bertempat di area wisata sumber Waras desa Taman Suruh (18/09/2020) yang dihadiri nara sumber H. Sugirah S.Pd.

Acara tersebut dihadiri pula tokoh tani H. Adil dan kader tani dapil 1 H.Sugiarto S.E,MSi yang juga mantan anggota DPRD komisi B yang membidangi pertanian kabupaten Banyuwangi beserta para ketua dan anggota gapoktan dapil 1 Banyuwangi ( kec. Giri, Ke. Kalipuro, Kec. Licin, Kec. Banyuwangi, Kec.Glagah dan Kec. Wongsorejo).

Acara yang dihadiri lebih dari 70 orang itu diselenggarakan dengan menggunakan SOP covid 19. Dalam acara sambutan H. Adil memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada H. Sugirah yang sudah berperan sangat besar terhadap pertanian di Banyuwangi. Sehingga banyak penghargaan pada beliau terutama di bidang pertanian.

” Beliau adalah salah satu praktisi pertanian yang sukses membawa pertanian di daerahnya maju dan salah satu kader yang berjuang di legislatif untuk mengawal kebijakan atau peraturan yang membahas tentang pertanian sesuai dengan kondisi batiniah para petani dan semoga dalam acara ini, pencerahan dari beliau sebagai narasumber bermanfaat bagi pertanian di Banyuwangi” ujar H. Adil.

Sementara H. Sugirah menyampaikan banyak terima kasih kepada peserta gesah tani yang sudah berusaha maksimal untuk menjaga ketahanan pangan khususnya di Banyuwangi. “Dalam hal ini kita flash back bahwa Pemkab Banyuwangi mempunyai Program Prioritas Pembangunan yang harus berkesinambungan yaitu :

‌Program prioritas wajib yang meliputi program kesehatan dan pendidikan yang menjadi kunci penting sumber daya manusia. Program prioritas unggulan yaitu sektor wisata dan pertanian yaitu dengan membangun sektor pariwisata berbasis pertanian. ‌Program prioritas penunjang , budaya dan politik” tambahnya
Dengan demikian apabila saya ditunjuk dan dipercaya untuk mengelola sektor pertanian,itu bukanlah hal yang sulit karena saya sudah menggelutinya mulai sejak kecil.

Menurutnya sektor pertanian dibanyuwangi mengalami pertum tumbuh 2 sampai 3℅ . Maka dari itu pertanian adalah soko guru atau tonggak dari perekonomian rakyat .
Sebelum acara ditutup, ketua penyelenggara H.Sugiarto yang juga Ketua DPD PAN Banyuwangi memimpin deklarasi dukungan H. Sugirah sebagai orang no. 2 di Banyuwangi karena paparan program yang disampaikan sangat rasional dan itulah solusi untuk pertanian di banyuwangi menjadi maju dan mensejahterakan.(Abd.Haris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here