DISPARPORA NGAWI GELAR PELATIHAN DESIGN PROMOSI DI MEDSOS GUNA KEMBANGKAN SUMBER DAYA KREATIF

0
29

Ngawi, Sinar Pos

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Ngawi melalui Bidang Ekonomi Kreatif bersama Relawan TIK Ngawi (RTIK) mengadakan pelatihan desain promosi di media sosial, Selasa (08-09-2020).

Pelatihan yang diadakan di Rumah Makan Hj. Maimun Barat GOR Bung Hatta Ngawi ini dijadwalkan selama dua hari. Mengingat masih pandemi covid-19 peserta yang hadir dibatasi 30 orang. Peserta pelatihan terdiri dari pelaku umkm di wilayah Kabupaten Ngawi.

Yoyok Sulistyono selaku Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disparpora Ngawi,menyampaikan pandemi covid-19 belum usai tetapi perekonomian harus tetap berjalan. Disparpora Ngawi bersama RTIK Ngawi mencoba memberikan solusi kepada pelaku umkm untuk tetap menjalankan perekonomian dengan mengadakan pelatihan desain promosi di media sosial.
Maksud dan tujuannya kegiatan para pelaku ekonomi kreatif dapat mengembangkan usahanya melalui Medsos.Apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini Medsos menjadi sarana promosi yang efektif.
Acara ini juga dipandu oleh nara sumber yang ahli dibidang desain grafis yaitu Fatku Rochman dan Tri Ady.

“Kedepan harapanya setelah mengikuti pelatihan ini,para pelaku ekonomi kreatif dapat berkreasi untuk membuat desain grafis sendiri yang dapat menarik perhatian para konsumen,dan laku dipasaran melalui promosi di media sosial sehingga ada peningkatan produktifitasnya dan pendapatanya,”ungkap Yoyok Sulistyono.

Riski Adi Purwanto, Relawan TIK Ngawi menjelaskan bahwa melakukan promosi di sosmed memiliki banyak manfaat diantaranya membangun brand awareness, meningkatkan loyalitas brand, meningkatkan konversi dan menurunkan biaya pemasaran. Perlu diingat bahwa pembuatan konten tidak selalu tentang jualan. Awali dengan konten umum, perkenalan dengan teknik soft selling kemudian baru jualan secara hard selling.

Pembuatan konten yang menarik memerlukan desain promosi yang menarik. Pembuatan desain promosi yang menarik bisa dilakukan dengan berbagai aplikasi seperti power point, canva dan picsArt. Selanjutnya Tri Adhy Prabowo, Relawan TIK Ngawi mengajarkan peserta cara membuat desain dengan aplikasi canva.

Pelatihan desain promosi di media sosial yang diadakan oleh Disparpora dan RTIK Ngawi ini diharapkan mampu mengembangkan sumber daya pelaku ekonomi kreatif.(Disparpora/No3r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here