SMPN 1 Gurah Terapkan PJJ Di Masa Pandemi Covid -19

0
26
Kepala SMPN 1 Gurah M. Fadli, M.Pd
KEDIRI, SINARPOS.CO.ID Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Gurah saat ini masih laksanakan Pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau biasa dikenal dengan istilah belajar dari rumah (BDR), proses belajar mengajar yang dilaksanakan secara jarak jauh melalui dalam jaringan (Daring) dan luar jaringan (Luring) hingga kondisi memungkinkan untuk belajar di sekolah.
Ketika ditemui diruang Wakil Kepala Sekolah, pada media Sinar Pos, Kepala SMPN 1 Gurah M. Fadli, M.Pd hari Rabu siang, (16/09), ia sekilas memberikan pemahaman tentang PJJ dan berbagai dinamikanya.
Sekedar diketahui apakah arti dan maksud dari daring dan luring? Simak penjelasan berikut, menurut KBBI Kemendikbud, Daring adalah akronim dari dalam jaringan yang artinya terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Kegiatan daring di antaranya, webinar, kelas online, seluruh kegiatan dilakukan menggunakan jaringan internet dan komputer.
“Sedangkan luring adalah akronim dari luar jaringan, Luring diartikan sebagai terputus dari jejaring komputer. Adapun jenis kegiatan yang dilakukan Luring yakni menonton acara TVRI sebagai pembelajaran siswa sekolah juga mengumpulkan karya berupa dokumen,” Terabgnya
Kegiatan Luring tidak menggunakan jaringan internet dan komputer, melainkan media lainnya seperti TV dan dokumen.
Kepala SMPN 1 Gurah Fadli, M.Pd ketika ditemui oleh media Sinar Pos memberikan penjelasan disaat Pandemi covid-19 ini berlangsung, Pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh.
Saat ini masih melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau PJJ, sebenarnya Pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah itu berbeda dengan pembelajaran sistem Daring ataupun Luring, Fadli mengatakan, “SMPN 1 Gurah melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah (bdr), PJJ atau BDR ini merupakan pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan secara online, pembelajaran dipandu melalui group WhatsApp dan atau website. Hal ini sebenarnya sangat berbeda dengan pembelajaran daring/Luring yang desain kurikulumnya memang sudah dipersiapkan untuk dilaksanakan secara online,” demikian ungkapnya.
Perlu diketahui, bahwa selama ini beredar dimasyarakat pemahaman yang belum tepat yaitu Pembelajaran Daring/Luring itu dianggap sama dengan pembelajaran jarak jauh ataupun belajar dari rumah. Masih menurut Fadli, ia mengatakan, “Dengan Pembelajaran jarak jauh ini, sebenarnya tugas dan tanggung jawab seorang guru menjadi lebih berat. Pembelajaran yang dirancang untuk tetap muka dilaksanakan secara online. Siswa dan orang tuanya harus menyesuaikan dengan perkembangan PJJ atau BDR ini, dan seorang guru harus siap setiap saat ketika dihubungi oleh murid ataupun orangtua murid yang ingin berkonsultasi, ” demikian pungkasnya (Leh/yok).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here