Disertai Pakta Integritas, PKS Selesaikan Rekomendasi Pilkada di Jawa Timur

0
93

SURABAYA, SINAR POS – (29/8) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyelesaikan seluruh rekomendası pencalonan menjelang dibukanya tahap pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 19 kabupaten/kota seluruh Jawa Timur pada awal September mendatang.

Pada harı ini Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS menggelar Konsolidasi Nasional Pemenangan Pilkada 2020 dengan mengundang pasangan calon kepala daerah yang diusung dan didukung PKS. Kegiatan tersebut dilakukan secara daring melalui telekonferensi di 34 Provinsı.

Untuk Jawa Timur sendiri diselenggarakan di Hotel Mercure Grand Mirama Jalan Darmo Surabaya. Acara berjalan dengan mematuhi protokol pencegahan covid- 19 yakni memakat masker, menjaga jarak, dan menggunakan hand sanitızer. Sebelum masuk peserta dicek suhu tubuh terlebih dahulu.

Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jatim Irwan Setiawan menyampaikan bahwa DPP telah memberikan formulir B1KWK yang telah ditandatanganı Presiden PKS dan Sekjen kepada DPW “Pada kesempatan ini, kami serahkan formulir tersebut kepada para calon, agar bisa segera digunakan sebagai kelengkapan pendaftaran ke KPUD,” ujar Irwan.

Sebelum melakukan serah terima formulir BIKWK, para calon yang hadir dalam pertemuan tersebut menyimak arahan dari Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Ph.D. yang disampaikan dari Kantor DPP PKS di Jakarta. Seusai menyimak arahan, para calon kepala daerah/wakil kepala daerah dimınta membaca ikrar dan menandatangani pakta integritas di atas kertas bermaterai.

Dalam pakta integritas itu disebutkan komitmen para calon kepala daerah untuk memenangkan pilkada dengan penuh kehormatan, keberkahan, dan bermartabat. Juga bersungguh-sungguh menghindari pelanggaran norma agama dan hukum. Disamping itu, para calon kepala daerah juga diminta berkomitmen bersama PKS menjaga kedaulatan bangsa demi terwujudnya Indonesia yang adil dan sejahtera dalam bingkai NKRI,
sesuai Pancasila dan UUD’45.

“Alhamdulillah semua calon bersedia berikrar dan menandatangani pakta integritas. Memang komitmen calon kepada NKRI, penegakan hukum, pencegahan korupsi, peningkatan kesejahteraan rakyat, serta menjaga nilai dan budaya, menjadi landasan kami dalam menentukan calon yang diusung atau didukung.” ujar Irwan.

Irwan menambahkan, yang tak kalah penting adalah visi misi dan program calon dalam memajukan daerahnya. “Harus jelas dan terukur programnya. Sehingga pilkada dengan anggaran yang besar dan resiko dalam masa pandemi ini, bisa tercapai tujuannya yaitu meningkatkan
kesejahteraan rakyat,” terangnya.

Hadir dalam acara yang digelar sejak pukul 9 tersebut jajaran Dewan Pengurus Wilayah (DPW), Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW), serta Dewan Syarialı Wilayah (DSW) PKS Jatim.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada (BP3) DPW PKS Jatim Mashuri Hananto menyampaikan total 14 kabupaten/kota sudah diserahkan SK BI KWK. 1 kabupaten sudah keluar
SK DPP, 1 kabupaten masıh menunggu proses di DPP. Sedangkan 3 kabupaten dimana PKS tidak memiliki kursi DPRD, 2 diantaranya sudah mengeluarkan SK dukungan, dan I masih dalam
proses.

Mashuri juga menyatakan bahwa setelah tahapan pendaftaran ini, seluruh kader dan jajaran struktur PKS hingga tingkat ranting akan all-out memenangkan paslon.

“Kami sudalh beberapa kali melakukan Rapat Koordinasi dengan DPD dalam rangka menyiapkan pelatihan penggalangan suara, pelatihan kampanye dan pelatihan saksi. Modelnya tentu kami sesuaikan dengan era pandemi. Sehingga setelah kepastian calon ini, semua kader PRS siap bergerak dan masuk menjadi tim besar pemenangan paslon.” pungkas Anggota DPRD Jember ini. (Nwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here