BERSIH DESA BUDUG DI MASA PANDEMI COVID-19

0
98

Ngawi, Sinar Pos
BersihDusun(Nyadran)merupakan suatu kegiatan selametan atau upacara adat jawa yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan YME yang dilaksanakan satu tahun sekali,dalam acara ini ada sedekah bumi yang tetap dilaksanakan dan tetap mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi civid-19 saat ini.

Melestarikan budaya atau nguri nguri budaya tradisi masyarakat yang mulai tenggelam oleh zaman, Desa Budug, Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi, menggelar acara Bersih Desa, kamis 06/08/2021 bertempat di punden Desa Budug setempat. Dan dimeriahkan dengan kesenian gambyong serta selamatan bersama.

Marjuki Kepala Desa Budug mengatakan di tengah pandemi covid-19 kami tetap melakukan bersih dusun supaya masyarakat desa budug kususnya dijauhkan dari segala balak dan penyakit covid-19 dan diberikan kemudahan segala urusan dan rejeki oleh Allah SWT, selain itu juga menjaga kerukunan dan silaturahmi antar warga khususnya warga desa Budug.

“Yang jelas, acara bersih desa ini merupakan peninggalan nenek moyang dulu, antusiasme dari warga masyarakat dan itu merupakan agenda tahunan, yang selama ini setiap tahun diadakan. Sehingga warga masyarakat banyak yang hadir, intinya pertama untuk membersihkan diri pribadi kita masing-masing dan dijauhkan dari segala mara bahaya,”ungkap Kades Budug Marjuki.
Yang hadir juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak,dan menggunakan masker untuk mencegah penyebaran covid-19.

Ditempat yang sama, Kepala Dusun Budug menambahkan, “Kegiatan Bersih Desa ini dilakukan rutin pada setiap tahunnya. Sebagai upaya tolak balak agar masyarakat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, bisa hidup rukun, tentram dan nyaman. Disamping mengenang dan melestarikan tradisi budaya, juga mendoa’akan leluhur pendiri desa ini”.

Acara ini di ikuti seluruh lapisan masyarakat dengan menggelar hajatan bersama yang khusus di bawa warga dari rumah berupa nasi ingkung (Nasi panggang) dan sampai ditempat acara berlangsung di doakan bersama lantas dibagikan untuk dinikmati bersama-sama.
Selain itu juga di jaga ketat oleh perwakilan polsek kwadungan,babinsa,dan aparat yang berkepentingan di desa setempat.(No3r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here