Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Dan Pengelolaan Jembatan Gantung Desa Dadirejo

0
46

PEKALONGAN-SINAR POS, Desa Dadirejo. Kecamatan Tirto. Kabupaten Pekalongan telah di pisahkan sungai besar, dan untuk menghubungkan dua daerah yang terpisah maka di buatlah Jembatan Gantung, Jembatan yang sangat strategis untuk jalan sepeda atau motor roda dua selalu ramai yang lewat setiap harinya.

Karena ramainya orang yang lewat warga berinisiatif memasang kotak infaq yang di kelola oleh tim Jembatan Gantung yang awalnya dana itu di pergunakan untuk perawatan Jembatan Gantung tersebut.

Seiring berjalannya waktu sisa dana perawatan jembatan telah terkumpul, dan pemanfaatannya juga di perluas, dengan pengelolaan yang baik tim jmJembatan Gantung yang selalu melaporkan ke kepala desa setempat, Fatoni kepala desa Dadirejo pun memberi Apresiasi kepada pengelola.

“saya sangat mengapresiasi kepada warga dan tim pengelola Jembatan Gantung, mereka bisa mengatur dan menggunakan dana tersebut dengan pengelolaan yang sangat baik,” kata Fatoni

Dalam kurun beberapa waktu, penggunaan dana dalam periode ini untuk memperbaiki drainase dan sumbangan untuk masjid, musholla dan pesantren setempat.
Dan juga untuk memberikan bantuan kematian untuk warga sekitar yang meninggal.

“180 juta untuk perbaikan drainase, dan kemarin saat lebaran juga memberikan sumbangan untuk 36 musholla dan empat masjid, yang setiap musholla di berikan 400ribu dan 2,5juta untuk masing-masing masjid,” ucap pak kades.

Kepada kami pak Fatoni menjelaskan terkumpulnya dana yang begitu besar di karenakan di samping pengelolaan yang baik dan pendapatan setiap harinya juga lumayan besar.

Di temui tim kami penjaga jembatan gantung Pak Imam berujar bahwa pendapatan setiap harinya rata-rata 500 ribu rupiah, dan itu juga di benarkan pak kepala desa.

“Saya mendapatkan informasi dari pengelola setiap harinya pendapatan rata-rata antara 400 sampai 500 ribuan,” pungkas Pak Fatoni. (Fikri – Khumaidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here