Kawasan Hutan Produksi (HP) Di Kavlingkan

0
149

Bangka Belitung, Sinar Pos

Menurut keterangan kepala desa Air Gantang Bapak Haji Alikan,  penggarapan hutan HP untuk pemekaran desa tanpa Sepengetahuannya, kegiatan tersebut semua atas inisiatif RT 05 Dusun Bukit Maya. Desa Air Gantang Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Lahan hutan HP yang diratakan dengan alat berat untuk perumahan masyarakat dengan biaya meratakan lokasi dipungut sebesar  Rp1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah) per orang, diperkirakan warga yang telah membayar uang untuk tanah kavlingan sudah mencapai 17 orang. Tapi tanah tersebut  tidak bisa disahkan oleh KPHP Jebu Bambang Antan, (KPHP JBA) karena tidak ada persetujuan Dari pemerintah desa setempat.

Beberapa orang yang telah membayar uang kepada RT 05 yang berinisial HD, dan kerja Sama dengan BN.

Salah satu warga Bukit Maya sendiri yang sudah membayar kavlingan tersebut Sebesar 21.000.000 (dua puluh satu juta) itu sudah diserahkan langsung. Terhitung 14 Kavling. Totalnya ya benar pak, jawab salah satu orang  yang sudah membayar (Iwan).

Setelah awak media menyusuri lahan tersebut. Ternyata lahan tersebut di kelola oleh kelompok tani Bukit Maya Lestari Bambang Antan. Yang di budi dayakan tanam tubuh tumpang sari. Tanaman tersebut, isinya jambu mente, pete, sirsak dan cemara. Unjar kelompok tani.

Kemudian lahan tersebut di tanami oleh kelompok tani dengan tanaman sere wangi. Namun di cegah oleh BN, ucap BN kepada kelompok tani, sekretaris kelompok. kamu tanam sere di mana? Sekertaris menjawab, saya tanam sere di tanah Kelompok jawab sekertaris tersebut.

Tanah ini bukan tanah bapakmu ucap BN, seperti di tuturkan seketaris kelompok tani.(Jusriadi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here