BPBD Kab.Kediri Edukasi Warga Terdampak Karantina Mandiri Pasca Pasien PDP Meninggal

0
100
KEDIRI, SINAR POS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, melakukan edukasi terkait adanya sebuah keluarga yang harus melakukan karantina mandiri pasca meninggalnya Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di wilayah Desa Senden, Kecamatan Kayenkidul, Kabupaten Kediri.
Dengan Salam Tanggap, Tangguh, Trengginas. Tim Puskodalops BPBD Kab.Kediri, turut memberikan sosialisasi apa yang harus dilakukan warga dalam.karantina mandiri.
Saifudin Zuhri, S.Sos, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kab Kediri mengatakan BPBD Kab.Kediri selain siaga 24 jam memantau kebencanaan juga menjalin komunikasi dengan berbagai jaringan penggiat kebencanaan di Kabupaten Kediri, guna menggali informasi perihal cuaca, situasi dan kondisi di wilayah Kabupaten Kediri.
“BPBD juga mengirim petugas lapangan untuk koordinasi dengan Pemerintah Desa Senden Kec. Kayenkidul, guna mengedukasi perihal karantina mandiri pada salah satu warga pasca meninggal dunianya pasien berstatus PDP,” Ungkapnya.
Saifudin juga menambahkan, BPBD juga mengirimkan Disinfektan ke semua Kecamatan di wilayah Kabupaten Kediri, untuk disemprotkan ke titik-titik rawan yang sering di datangi orang seperti Fasilitas umum (Fasum).

Perlu diketahui, Hari ini Kamis 16 April 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri, kembali menemukan satu kasus terkonfirmasi positif Covid-19
dr.Ahmad Khotib, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Kediri mengatakan, Terdapat satu tambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, yaitu warga Kelurahan Pare Kecamatan Pare yang saat ini melakukan isolasi mandiri.
“Perkembangan penanganan secara medis akan dievaluasi lebih lanjut. Kasus ini merupakan klaster baru dan gugus tugas akan melakukan tracing untuk menelusuri riwayat pasien tersebut. Dengan tambahan satu kasus ini, saat ini terdapat 13 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kediri,” Ungkapnya.
Ironisnya, dr. Ahmad Khotib mengkonfirmasi bahwa sampai hari ini ada 6 PDP meninggal di Kabupaten Kediri. Dua diantaranya terkonfirmasi negatif dan empat PDP belum terkonfirmasi.
“Dari enam PDP yang meninggal dua diantaranya telah terkonfirmasi negatif, sedangkan empat meninggal lainnya hingga saat ini belum terkonfirmasi,” tambahnya.
Fihaknya Kembali mengingatkan agar masyarakat untuk tetap menjaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, tidak keluar rumah kecuali untuk kepentingan mendesak dan wajib menggunakan masker saat beraktivitas. (AD/LEH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here