PDI Perjuangan Dorong Pemkab Banyuwangi Segera Laksanakan Inpres 4 Tahun 2020

0
139

Banyuwangi – Sinar Pos, Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo melalui Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang refocussing kegiatan, relokasi anggaran, serta pengadaan.

Barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan corona virus disease 2019 (COVID-19) yang mana salah satunya mendorong realokasi anggaran untuk penanganan Covid19. Oleh karena hal tersebut mendorong Fraksi PDI Perjuangan bersikap agar Pemerintah Kab. Banyuwangi segera melaksanakan hal tersebut.

Hal ini di sampaikan oleh Ketua Fraksi PDI Perjuangan yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kab. Banyuwangi Ficky Septalinda,S, MM “Pemerintah Kab. Banyuwangi harus sesegera mungkin melaksanakan Inpres Nomor 4 Tahun 2020 karena dampaknya sudah terasa sampai ke bawah. Realokasi anggaran untuk penanganan Covid19 harus di lakukan akselerasi agar dampaknya bisa diminimalisir bukan hanya penanganan pasien tapi juga pada dampak sosial ekonomisnya pada masyarakat, Kata Ficky, Jum’at (27/3/2020).

“Sebagai partainya wong cilik PDI Perjungan berharap juga di fikirkan dampak ekonomis pada yu nah, yu tun sehingga jaring pengaman sosial hendaknya juga di anggarkan dalam realokasi anggaran sehingga buruh, pekerja harian, petani, nelayan, dan pelaku usaha mikro dan kecil agar daya belinya terjaga,” ujarnya

Sementara seorang Mahasiswa Program Doktor Fisip UNEJ mengatakan, Kebijakan menjaga jarak atau physical distancing memang efektif mencegah penyebaran virus corona, namun akan banyak masyarakat kecil yang terdampak akibat kebijakan tersebut, khususnya bagi mereka yang mengandalkan pendapatan harian oleh karena hal tersebut Peran Pemkab juga di perlukan dalam memberikan bantuan sosial. Jadi tidak hanya menutup tapi harus dibarengi dengan social safety net untuk mendukung kebijakan yang dibuat. Oleh karena hal itu Fraksi PDI Perjuangan siap melakukan pembahasan bersama eksekutif,” ungkapnya.

Selain hal yang bersifat kebijakan dari DPC PDI Perjuangan Kab. Banyuwangi telah melaksanakan kegiatan kegiatan penyemprotan desinfektan di tempat tempat publik, Pembagian Sembako, Jamu Tradisional dan Masker di beberapa titik di Kab. Banyuwangi.(Abd.Haris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here