Bupati Indartato Pimpin Rapat Cegah Covid-19 di Pacitan

0
173

PACITAN, SINAR POS

Bupati pacitan, Indartato
mengimbau seluruh masyarakat Pacitan agar tidak panik menghadapi virus corona. Sekaligus meminta agar selalu mempraktikkan pola hidup bersih dan sehat sebagai antisipasi dan mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Adapun imbauan dilakukan untuk mengantisipasi serta memberikan perlindungan dan pengamanan bagi warga Kabupaten Pacitan terhadap penyebaran Covid-19 yang sudah menyebar di wilayah Indonesia.

Hal ini di ungkapkan indartato saat konferensi pers di ruang rapat bupati pacitan, pada Jumat 27 Maret 2020.

Sementara itu, Imbauan ini juga sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus (Covid-19), serta instruksi Gubernur Jawa timur tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Corona Virus (Covid-19) dan adanya protokol kesehatan Pemerintah RI tentang Virus Corona.

Selain itu, salah satu poin yang di sampaikan orang nomor 1 di ruang pemkab pacitan yaitu Pemda akan alokasikan anggaran 10 milyar dari APBD untuk penanggulangan virus Corona.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 19/PMK.07/2020 tentang Penyaluran Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, dan Dana Insentif Daerah Tahun Anggaran 2020 Dalam Rangka Penanggulangan Corona Virus Disease (COVID-19).

Anggaran tersebut akan dimanfaatkan untuk keperluan antisipasi dan pencegahan corona seperti untuk kesiapan ruang isolasi yang sesuai standar di rumah sakit dan puskesmas yang ada rawat inap.

“Anggaran ini juga akan dimanfaatkan untuk kebutuhan melengkapi dan memenuhi Alat Perlengkapan Diri (APD) bagi ratusan petugas medis. Kemudian juga untuk stimulan petugas, penyemprotan disinfektan, dan masker buat masyarakat serta operasional tim gugus serta pembiayaan operasional pada daerah perbatasan dan biaya untuk tindakan pencegahan pengawasan,”pungkasnya.
(Son/yud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here