Mengenal Lebih Dekat Makam Mbah Bendo Guru Spiritual Sang Proklamator Ir.Soekarno dan Soedanco Soepriyadi Pejuang PETA

0
241

Blitar, Sinar Pos

Kyai Alif Ahmad Kasan yang lebih dikenal dengan sebutan Mbah Bendo ini, menurut cerita adalah guru spiritual dari Ir. Soekarno Sang Proklamator dan Soedancho Soepriyadi pejuang PETA Blitar.

Makam Mbah Bendo terletak di Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Makam Mbah Bendo ini, tidak jauh dari Makam Bung Karno, yaitu sekitar satu kilo meter dari arah barat Makam Bung Karno. Banyak sekali para peziarah baik dari tokoh politisi dalam dan luar Kota maupun para petinggi dari pusat yang berkunjung untuk berziarah.

Menurut juru kunci Mbah Toyo yang punya nama lengkap Hartoyo Suryo Hadikusumo , Mbah Bendo semasa hidupnya punya Karomah dari Allah SWT yang tidak bisa dinalar oleh akal manusia. Makanya banyak yang datang ke Makam Mbah Bendo untuk berziarah.

Mbah Toyo mengatakan Pemerintah Kota Blitar masih kurang perhatian terhadap Makam Mbah Bendo yang punya nama besar sebagai guru besar dua tokoh kharismatik . ” Selama ini Makam Mbah Bendo ini dapat bantuan dari para peziarah yang merasa ingin beramal,” Ungkap canggah Mbah Kasan Bendo.

Jumono, Kepala Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar ketika di temui wartawan Sinar Pos di kantornya baru – baru ini mengatakan , untuk tahun ini makam Mbah Bendo masuk prosesi ziarah pada setiap beringatan Hari Jadi Kota Blitar. Jika sebelumnya tiap peringatan Hari Jadi Kota Blitar , Pemkot Blitar hanya berziarah di Makam Bung Karno dan makam Pangeranan di wilayah Kecamatan Sanan Wetan dan makam Ariyo Blitar di wilayah Kecamatan Sukorejo, namun pada tahun ini direncanakan berziarah ke Makam Mbah Bendo di wilayah Kecamatan Kepanjen Kidul. ” Alhamdulillah mulai tahun ini akan komplit berziarah ke tiga kecamatan, yakni berziarah ke Makam Mbah Bendo di wilayah Kecamatan Kepanjen Kidul, makam Bung Karno dan Makam Pangeranan di wilayah Sanan wetan dan Makam Ariyo Blitar masuk wilayah Sukorejo,” Ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tri Iman Prastyono, melalui Kepala bidang Kebudayaan Wahyudi saat dikonfirmasi diruang kerjanya menjelaskan bahwa Makam Mbah Bendo tahun lalu memang belum masuk situs yang terdaftar. Namun untuk tahun ini akan di masukkan sebagai situs di Kota Blitar. “Jadi mulai tahun ini rencana , pada peringatan Hari Jadi kota Blitar sudah ada empat tempat ziarah yang akan kita ziarahi , yaitu, Makam Bung Karno, Makam Pangeranan, Makam Aryo Blitar dan Makam Mbah Bendo,” Jelasnya.( Har )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here