PERADIN Gelar Pendidikan Profesi Advokat Di Hotel Sahid Surabaya

0
54

Surabaya Sinar Pos – persatuan advokat Indonesia (Peradin), gelar pendidikan profesi advokat di Hotel Sahid Surabaya Sabtu (14/3/20).

Pengadilan Tinggi negeri surabaya yang diwakili oleh Binsar P. Pakpahan SH MH, mengatakan pertama gugatan sederhana, mengenai surat keterangan elektronik, ketiga mengenai ekor.

Masalah gugatan sederhana itu adalah di mana pengadilan sekarang bisa menerima gugatan gugatan yang tidak terlalu, objeknya objek sengketa yang tidak terlalu besar. Itu dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai small claim court, peradilan untuk gugatan gugatan yang terkecil.

Yang kedua mengenai ekor itu adalah bagaimana sekarang persidangan itu semua prosesnya mulai dari pendaftaran sampai kepada putusan, diusahakan secara elektronik, itu yang ekor meskipun yang itu saat ini belum sampai seluruhnya tercapai. Putusan diusahakan secara elektronik yang ketiga itu surat keterangan elektronik itu adalah beberapa macam surat keterangan bisa dimohonkan dengan cepat satu hari selesai dan dimohonkan dari luar pengadilan, tidak harus mendatangi kantor pengadilan.

Surat keterangan itu misalnya untuk syarat pemilihan kepala daerah, pemilihan anggota DPR, DPRD dan sebagainya misalnya surat keterangan tidak pernah dipidana, surat keterangan tidak pailit dan sebagainya yang dibutuhkan karena tidak dipidana misalnya tidak dipidana 5 tahun dan sebagainya. Itu materi yang ketiga itulah kira-kira yang disebut eraterang yang ketiga itu sesuai dengan tujuan diselenggarakannya pendidikan profesi advokat ini.

Harapannya adalah advokat yang mengikuti pelatihan pendidikan ini sudah siap untuk menjadi advokat yang lebih profesional tuturnya.

Sementara itu Haryono SH MH, mengatakan ini program Mahkamah Agung yang harus harapkan oleh para advokat, ini angkatan ke-9 yang diikuti oleh 20 orang dan akan bertambah hingga maksimal 30 orang.

Intinya sama dengan yang lalu lalu, kita didik kita uji, kalau sudah memenuhi persyaratan, kita bawa ke pengadilan tinggi untuk disumpah. jumlah anggota avokad peradin sekitar 200 hingga 300 dengan harapan lancar dan baik tuturnya. (Nwi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here