UT Surabaya Upgrade Tutornya

0
138

Surabaya Sinar Pos –
Universitas Terbuka Surabaya meng-Upgrade para Tutornya, dengan Tema “Membangun Profesionalisme para Tutor di UT”. di Hotel INNA Tunjungan Surabaya Jum’at (28/2/20) sampai Minggu (1/3/20).

Direktur Universitas Terbuka (UT) Surabaya, Dr. Suparti M.Pd., memberi penjelasan lebih lanjut tentang pelaksanaan pelatihan Tutor tutorial tatap muka ini. Tutor yang dilatih ini adalah calon-calon pembimbing mahasiswa Universitas Terbuka. Mereka tidak di sebut dosen, melainkan pembimbing atau tutor. Oleh sebab itu, sebelum Tutor melaksanakan kegiatan membimbing mahasiswa UT Surabaya, para tutor baru ini diberikan pembekalan agar mahasiswa tidak salah arah karena belajar di UT berbeda dengan belajar di perguruan tinggi tatap muka.

Apabila kesuksesan pembelajaran terbuka dan jarak jauh di UT diukur dengan mengandalkan kemandirian mahasiswa, berarti mahasiswa UT dituntut untuk pintar belajar mandiri, sehingga Tutor harus lebih pintar untuk mengarahkan mahasiswa kepada pola belajar mandiri. Karena itulah para Tutor UT Surabaya terutama tutor baru, meskipun mereka adalah dosen di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta seperti UTM, UWK, Unesa, Unair dll tetap diberi pelatihan agar para Tutor memahami kebutuhan mahasiswa UT yang melaksanakan pembelajaran terbuka dan jarak jauh. Harapannya, agar mahasiswa mendapatkan layanan bantuan belajar terbaik dari UT sehingga mampu lulus dengan IPK yang tinggi.

Direktur UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Pd. juga menegaskan bahwa menuntut ilmu adalah hak setiap orang, apalagi semua ajaran agama, begitu pula dengan agama islam, menjanjikan orang-orang berilmu untuk diangkat derajatnya, sehingga UT berupaya membuka kesempatan bagi siapapun untuk menuntut ilmu dalam konteks pendidikan tinggi.

Dengan jumlah mahasiswa UT Surabaya yang saat ini berjumlah 17. 115 yang berada di 18 kabupaten kota wilayah jangkauan UT Surabaya mulai Madura dari Sumenep sampai Bangkalan, kemudian Surabaya, Gresik, Lamongan sampai Tuban Bojonegoro, kemudian Sidoarjo ke barat sampai Ponorogo, UT Surabaya memegang tanggung jawab yang besar untuk menyediakan layanan pendidikan tinggi yang prima bagi mahasiswanya.

Salah satu grada terdepan pelayanan pendidikan tinggi di UT adalah Tutor yang berinteraksi langsung dengan mahasiswa. Jumlah tutor UT Surabaya berada di angka sekitar 1500, sehingga jika rasio mahasiswa per kelas berjumlah 20 sampai 25, maka rata-rata mahasiswa UT Surabaya yang berjumlah 17.000an, terdapat sekitar 80% yang mengikuti tutorial tatap muka.

Jumlah mahasiswa sebanyak itu didominasi oleh mahasiwa S1. Namun UT juga menerima mahasiswa S2 dan S3. Biaya studi masing-masing jenjang tentu beragam. Untuk mahasiswa S1, ujian dilaksanakan tertulis tanpa biaya tambahan. Dengan SPP paling murah 1.300.000 rupiah, mahasiswa UT telah berhak mendapatkan layanan tutorial online, termasuk set buku untuk 1 semester.
Sedangkan bagi mahasiswa yang menginginkan kelas tatap muka, harus berkumpul dulu sebanyak 20 orang. Detail biaya kuliah di UT dapat diakses di Web ut.ac.id

Kemudahan lain yang disediakan oleh UT Surabaya adalah kemudahan saat ujian susulan atau ujian remediasi. Ujian tersebut dapat dilakukan secara daring di kantor UT Surabaya atau di instansi yang sudah bekerjasama dengan UT yang telah ada di beberapa kota. Prinsip UT adalah menyediakan layanan pendidikan tinggi yang berkualitas, mudah diakses, dan murah. Pilihan tepat untuk kuliah, tentu UT pilihannya.* (Dewi Wardah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here