KADES WATUAGUNG SUSANTO BERHARAP TANAH WARGA DESA DAPAT BERSERTIFIKAT SEMUA

0
187

Trenggalek,Sinar Pos 24/02/2020

Warga Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur, merespon positif adanya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).
Program sertifikat tanah masal atau dikenal juga dengan istilah prona, merupakan kemudahan pelayanan bagi rakyat kecil.

Seperti yang dirasakan warga di satu desa Watuagung Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. “Saya senang dan menyambut baik adanya program PTSL, karena banyak kemudahan dan biaya juga tidak mahal,” ungkap Sandiman, seorang warga yang ikut mendaftar program tersebut.
Saat dikonfimasi wartawan sinarpos kepala desa Watuagung Susanto menuturkan “pemerintah desa telah membentuk Pokmas Dengan cara musyawarah , dan dari hasil musyawarah diputuskan
Ketua pokmas Kaini
Sekertaris Rida
Bendahara Endah suprihatin
Serta dibantu 9 anggota lainnya.
Tahun lalu desa kami juga mendapat program PTSL mas dan diharap tahun ini semua tanah didesa kami akan bersertifikat untuk itu warga yang belum mendaftar segera mungkin mendaftar,”tuturnya.

Lewat program itu, lanjutnya, warga yang punya tanah menjadi jelas kedudukan hukumnya setelah memiliki sertifikat.

“Apalagi, sertifikat itu bisa digunakan untuk pinjam uang di bank sebagai jaminan. Uang pinjaman dari bank bisa untuk modal usaha,” katanya.
Senada disampaikan Kaini, ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Desa Watuagung Kecamatan Watulimo Warga di desa tersebut antuasias mendaftar ikut program PTSL.

“Warga kami berbondong-bondong mendaftar untuk menjadi pemohon peserta program PTSL. Saya berharap program ini bisa berjalan sukses dan berkelanjutan untuk desa yang lain,” kata Kaini ketua pokmas.

Diperoleh informasi, tahun 2020 ini Trenggalek kembali mendapatkan program PTSL sebanyak 60 ribu bidang tanah yang terbagi untuk 29 desa di 10 kecamatan
Dengan program ptsl ini diharapkan dapat memperbaiki ekonomi desa Watuagung terutama UMKM yang mulai dirintis oleh karang taruna. (Dul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here