SEJUMLAH TEMPAT WISATA TERENDAM AIR AKIBAT LUAPAN SUNGAI BENGAWAN SOLO

1
101

 

BOJONEGORO|SINARPOS.CO.ID-Tingginya permukaan air Sungai Bengawan Solo yang melintasi Wilayah Kabupaten Bojonegoro, tepatnya di Kelurahan Wetan Kulon Kecamatan Kota Bojonegoro.

Tingginya curah hujan sejak 3 hari terakhir membuat debit air Sungai Bengawan Solo di Bojonegoromeningkat tajam. Kondisi tersebut diperparah air limpahan dari wilayah hulu, sedikitnya terdapat 146 desa, yang tersebar di 17 kecamatan rawan dilanda banjir. Salah satu tempat wisata yang berada di pinggir Sungai Bengawan Solo terendam akibat luapan sungai bengawan solo.

Tinggi Muka Air sungai meningkat tajam, tiang ukur ketinggian air di Komplek Taman Bengawan Solo, hingga Kamis (20/2) pagi berada di angka 13.20 meter di atas permukaan laut, itu berarti Sungai Bengawan Solo dalam posisi siaga satu.

Selain hujan lokal, meningkatnya debit sir sungai juga disebabkan kiriman air dari wilayah hulu, seperti Wonogiri, Sragen Jawa-Tengah, hingga Madiun dan Ngawi.
Terlihat aktifitas penyebrangan tradisional masih nekat dilakukan warga dengan naik perahu tradisional saat kondisi sungai bengawan solo meluap.

Salah satunya, Kaka, pelajar asal Desa Banjarsari, yang sudah terbiasa tahunnya untuk tetap melakukan rutinitasnya dengan alasan menyebrangi sungai bengawan solo ini akses paling cepat menuju sekolahnya.

Data di Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Bojonegoro, sedikitnya terdapat 146 desa yang tersebar di 17 kecamatan sepanjang bantaran sungai rawan terdampak banjir luapan Sungai Bengawan Solo.

Bahkan salah satu wisata pinggir nggawan yang berada di Desa Pilanggede, Kecamatan Balen, Bojoengoro, terpaksa ditutup akibat dibeberapa titik tergenang luapan Sungai Bengawan Solo.

Menurut warga, Yuvita, air mulai menggenangi lokasi wisata sejak 3 hari lalu. “Saat ini terlihat air masih menggenangi beberapa titik di lokasi wisata hingga setinggi mata kaki orang dewasa,” kata Yuvita.

Hal ini menyebabkan fasilitas wisata, seperti speedboard terpaksa mangkrak diberhentikan akibat debit air Sungai Bengawan Solo yang tinggi.(ANDIK PRASTYO)

1 KOMENTAR

  1. pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi..
    jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu
    segera aja ke qqharian,club dan jangan lupa join now yach…
    bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.
    Click Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here