Desa Kluwih Optimis Juara Lomba Gotong Royong Masyarakat Tingkat Kab. Th.2020

1
293

Pacitan_Sinarpos – Mewakili Kecamatan Tulakan, lomba bulan Bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) tingkat kabupaten tahun 2020 tentu merupakan kebanggan tersendiri bagi masyarakat Desa kluwih, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan,Jawa timur.

Menelisik lebih jauh, pembenahan demi pembenahan dilakukan Desa kluwih, mulai dari penataan halaman rumah warga dengan cara gotong royong bergantian tiap minggu, memiliki makna tersendiri bagi warga. Ada rasa persaudaraan terjalin di kalangan masyarakat, sontak menjadi catatan kecil bagi rakyat luas.

Kepala desa Kluwih mengatakan ,“Kekompakan, dan semangat gotong royong warga desa kluwih patut kita apresiasi. Ini adalah ciri khas rakyat kita, perlu kita pelihara terus” Jelas suratingtyas

Penilaian lapangan akan dibagi menjadi beberapa bidang penilaian yaitu, bidang sosial agama dan budaya, bidang ekonomi, bidang kemasyarakatan serta penilaian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Lanjutnya, dipilihnya Desa kluwih mewakili Kecamatan Tulakan, Lomba bulan Bhakti gotong royong tahun ini (2020) adalah merupakan amanah dari desa lainnya. Dengan itu, kita terus melakukan berbagai pembenahan agar bisa tampil ‘memukau’ pada ajang lomba (BBGRM) tahun ini”. ucapnya kamis(20/02/2020)

Dari masing-masing bidang tersebut desa Kluwih sudah mempunyai keunggulan tersendiri, mulai dari bidang Sosial agama, (Guroh) gugah rohani yaitu sejak dari 2018 mereka telah membangun 8 masjid dan TPA di lingkup desa Kluwih melalui gotong royong,dll.

Bidang ekonomi, (Lamuh coblok) Artinya kegiatan serentak pada waktu tanam untuk bergotong royong menanam coblok, terutama bagi lahan keluarga miskin untuk pengurangan angka kemiskinan. program ini terbukti sangat membantu kesejahteraan warga.

Bidang lingkungan (pepetri pengangangson) Artinya melestarikan sumber air, mulai penanaman pohon-pohon yg menyimpan cadangan air di setiap lahan warga, sehingga sumber mata air tetap terjaga. Terbukti 3 tahun yg lalu sebagian besar masyarakat desa kluwih menjadi langganan kekeringan tetapi sekarang dengan banyaknya pohon-pohon tersebut masyarakat sudah bisa merasakan manfaatnya seperti fasilitas air bersih yang terkelola di HIPAM.
(Son/yud)

1 KOMENTAR

  1. Game dengan kemenangan tiada batas,
    Game dengan penghasilan terbesar,
    Game dengan sensasi yang luar biasa,
    Kekayaan menanti anda…..
    Daftarkan diri anda dan bergabunglah,
    Hanya di QQharian,club
    Click Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here