Upacara Hari Jadi Kabupaten Pacitan ke-275, Berlangsung khidmat

0
187

Pacitan_Sinar Pos –Pemerintah daerah kabupaten pacitan menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten pacitan ke-275 bertempat di pendopo Kab.pacitan, rabu (19/02/2020).

Pada peringatan puncak Hari Jadi Pacitan, kirab agung sebagai peringatan puncak hari kelahiran Pacitan, dipimpin langsung oleh Bupati Pacitan Indartato bersama wakilnya Yudi Sumbogo. Dengan mengenakan pakaian beskap. Dengan diarak menuju halaman keraton untuk bertemu para tamu undangan.

Di dalam sambutanya Bupati Pacitan mengatakan, “Alangkah bijaknya kalau pada saat ini, kita menghormati dan menghargai jasa para leluhur kita yang telah mewariskan berbagai kearifan dalam mengarungi kehidupan” ujar Bupati pacitan dalam sambutannya di hadapan ribuan peserta upacara yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat.

Indartato berharap berbagai sikap positif leluhur Kab. Pacitan dijadikan refleksi bagi aparat dalam melayani masyarakat. “Semangat pengabdian untuk rakyat, ketulusan berkorban demi kemaslahatan umat, keikhlasan berjuang dalam berbagai keterbatasan, kesiapan memberi tanpa harapan balas jasa, adalah sikap-sikap terpuji leluhur kita yang tampaknya kita harus berguru pada mereka” tambahnya.

Selain itu, Indartato mengajak masyarakat agar meresapi nilai-nilai adi luhung para leluhur untuk diterapkan pada berbagai aspek kehidupan. “Hendaklah peringatan hari jadi yang kita selenggarakan hari ini, janganlah hanya sebatas upacara seremonial semata, yang ditandai dengan berbagai kegiatan dan kegembiraan. Tapi yang lebih penting lagi adalah, kita merenungkan, menghayati, memetik pelajaran, dan memaknai substansi hari jadi ini, agar nilai nilai adi luhung peradaban zaman dulu, tidak begitu saja kita abaikan,” ajaknya
(Son/yud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here