Seribu Pohon untuk Tahura dan Arjuno.

0
135

Foto : tampak, Kapolres Tanam pohon di gunung arjuna.

Pasuruan, Sinar Pos

Dalam meningkatkan kesadara masayarakat untuk menjaga lingkungan, jajaran Polres Pasuruan melakukan penanaman 1000 pohon di Yayasan Kaliandra Sejati Dsn Gamo Ds Dayurejo Kec Prigen Kab Pasuruan, minggu (9/2/2020) pagi.

Kegiatan Penanaman Seribu Pohon di Gunung Arjuna dalam rangka Jaga Alam, Jaga Kehidupan Bersama, adapun jenis pohon yang ditanam antaralain, Beringin 500 pohon Elo 200 pohon Gondang 50 pohon, Bendo 150 pohon, Kayu manis100 pohon, Sapen100 pohon.

Giat tersebut diikuti kurang lebih 500 orang peserta,Tampak hadir Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K, S.H, M.H. Dandim 0819 Pasuruan diwakili oleh Pabung Mayor Inf Suhalid. Wakapolres Pasuruan Kompol Hendy Kurniawan S.Sos. Para PJU Polres Pasuruan, Kadishut Jatim diwakili oleh KUPT Perhutani Pasuruan Akhmad Fadil, S.Hut.

Dan tampak Hadir Peraih Kalpataru Mbah Sadiman, Kepala UPT Raden Soeharjo Ahmad Wahyudi S.Hut. Ketua Forumdas Ibu Sulis. Head Factory East PT Sampoerna Aji Sumantoro, Manager CSR & regional Relation PT Sampoerna Kukuh Dwi Kristianto, Yayasan Kaliandra Sejati Sarifudin latif, Forkopimka Kec Prigen, Kepala ADM KPH Kab Pasuruan Ida Jatiaksa, Para Kyai – Gus Bhumi Nawakartika Kab Pasuruan.

Panitia Yayasan Kaliandra Bpk Syarifudin Lathif, mengatakan giat ini dilakukan sebagai bentuk kesadaran untuk melakukan penanaman pohon dihutan yang habis terbakar tahun lalu.
Kebakaran Hutan yang terjadi di Gunung Arjuna dibulan September – November 2019 telah menghabiskan sekitar 500 Ha, baik dikawasan Tahura R. Soerjo maupun di Perhutani.

” penanaman pohon yang harusnya berfungsi sebagai penangkap air hujan dan pencegah erosi atau longsor di daerah pegunungan,” papar syarifudin Latif.

Disisi lain, Kapolres Pasuruan AKBP Ripto mengatakan giat ini dilakukan merupakan langkah dari polres untuk mengajak masyarakat agar lebih perduli terhadap lingkungan, karena hutan ini sangat banyak memberikan pengaruh pada manusia,” tuturnya.

Kaplores Pasuruan AKBP Rofiq itu juga menyampaikan, bahwa ia sangat mengagumi mbah Sadiman yang penduli dan melestarikan hutan, ” apa yang dilakukan oleh mbah sadiman sudah sangat luar biasa, saya kagum dengan beliau yang mampu menjaga serta melestarikan hutan dan mendapatkan Award dari kick Endi dan Kalpataru,” ujar Rofik

Kapolres AKBP Rofiq Ripto H, berharap dengan giat menanam pohon ini lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dan generasi muda sehingga mereka lebih cinta dan menjaga alam lebih baik lagi. (Rif – Her )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here