Bupati Jombang, Sampaikan Belasungkawa Atas Wafatnya Alm. KH. Sholahuddin Wahid

0
103

Jombang, Sinar Pos – Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab, menyampaikan belasungkawa atas wafatnya pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Kabupaten Jombang, K.H. Sholahuddin Wahid, atau yang akrab dipanggil Gus Sholah.

“Innalillahi wa innailaihi raji’un, atas nama pemerintah maupun masyarakat Kabupaten Jombang, kami menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya K.H. Sholahuddin Wahid, (Gus Sholah),”ucap Bupati Jombang, Hj.Mundjidah Wahab, Senin (03/02/2020).

Menurut Bupati Jombang, sosok Gus Sholah adalah orang baik, yang merupakan Guru dan panutan bagi para Santri dan kaum Nahdliyin. Selain itu, Gus Sholah adalah sosok dikenal sebagai aktivis, politisi, dan tokoh yang giat memperjuangkan tegaknya Hak Asasi Manusia (HAM).

“Kita merasa kehilangan seorang tokoh Nasional dan tokoh agama yang luar biasa. Bukan hanya untuk agama Islam, tapi untuk semua agama juga. Semoga amal ibadah beliau di terima Allah SWT dan keluarga yang di tinggalkan diberi Kesabaran, Aamiin,”ucap Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab.

Sementara itu, Putri Pahlawan Nasional, K.H. Wahab Chasbulloh ini mengatakan bahwa beliau (Gus Sholah) merupakan seorang tauladan pemimpin.

Menurutnya, dengan kesabaran yang dimiliki dan keteguhan, serta semangatnya untuk membawa pesantren Tebuireng dan membawa Nahdlatul Ulama (NU) terus eksis.

“Keteladanan ini yang harus di teruskan generasi muda, dalam melanjutkan perjuangan Gus Sholah selama ini. Kita sangat kehilangan beliau, sosok yang sangat bijak dalam memimpin,”imbuh Bupati Mundjidah.

Seperti diberitakan, K.H. Salahuddin Wahid, meninggal dunia pada hari Minggu, (02/02/2020) pukul 20.55 wib yang merupakan adik kandung dari Presiden R.I ke-4, K.H. Abdurrahman Wahid, alias Gus Dur itu wafat di Rumah Sakit Jantung, Harapan Kita, Jakarta.

Rombongan dari Pemkab Jombang tersebut tiba di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, pukul 10.00 wib, yang dipimpin Bupati Hj.Mundjidah Wahab dan Wabup Sumrambah. Dalam rombongan itu, terdapat Sekda H. Akh. Jazuli, beserta para Kepala OPD. Lingkup Pemkab Jombang.

Kemudian rombongan diterima keluarga pondok pesantren, sambil menanti jenazah Gus Sholah yang pada saat itu masih dalam perjalanan dari Jakarta. Rombongan dari Pemkab Jombang bersama keluarga pondok, menyempatkan untuk membaca tahlil bersama-sama.

Pada waktu pemakaman, Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab yang masih kerabat Gus Sholah, dari garis keturunan K.H. Ustman yang menurunkan ulama-ulama besar di Nusantara yang makamnya di Dusun Gedang Tambakrejo ini, tampak mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah, untuk mengikuti proses pemakaman hingga selesai.

Ada dalam prosesi pemakaman tersebut diantaranya Gubernur Jatim, bersama Bupati Jombang dan keluarga Besar Ponpes Tambak Beras, Ibu Nyai Hj. Machfudhoh, Nyai Hj. Hizbiyah, KH. Hasib Wahab bersama Hj. Fatimah, KH. Rokib Wahab bersama Hj. Nisful laila, Ning Ema ( Anggota DPR RI), ramah tamah dikediaman Ibu Hj. Farida Shalahuddin dengan tamu tamu lainnya seperti Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan, para Kyai/Bu Nyai lainnya. (rud/ff)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here