Serah Terima Bantuan Pemerintah Untuk Masyarakat Tahun 2019 Program Kotaku

0
163

Jombang, Sinar Pos – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Jombang, gelar serah terima sarana dan prasarana program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dari kelompok penerima dan pemanfaat (KPP) Kelurahan yang dilaksanakan di Desa Made, Kecamatan Kudu. Rabu, (22/01/2020).

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, serta didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) H. Achmad Jazuli, Kepala Dinas Perkim, Ir. Heru Widjajanto, M. Si serta diwakili Satker PPPW 1 Jatim dan tamu undangan lainnya.

Pembukaan tersebut diawali dengan pemotongan pita bunga sebagai simbol peresmian dibukanya Desa Made, Kecamatan Kudu sebagai Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Ir. Heru Widjajanto, M. Si mengatakan bahwa penanganan kawasan kumuh memang menjadi salah satu perhatian pemerintah kota Jombang dalam upaya meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Maksud dan tujuan dari kegiatan hari ini adalah, serah terima infrastruktur dari dana BPN kepada Kotaku. Dari kelompok pemanfaat dan pemelihara, kepada kelompok pemimpin. Serta Kelompok Penerima dan Pemanfaat (KPP) dan seluruh penerima bantuan, perlu masyarakat memahami fungsinya masing-masing dalam menjaga kesinambungan, dari program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) ini. Kemudian untuk lokasi yang menerima bantuan terdapat di 3 (Tiga) Kecamatan, yakni Kecamatan Kudu, Kecamatan Diwek dan Kecamatan Mojoagung,”tuturnya

Masih Ir. Heru Widjajanto,”Adapun urutan desa yang dipanggil untuk serah terima tersebut terdapat 9 (Sembilan) desa, antara lain : Desa Pundong, Desa Dukuhmojo, Desa Kedunglumpang, Desa Mojotrisno, Desa Sumberteguh, Desa Made, Desa Randuwatang, Desa Kudubanjar dan Desa Bakalan Rayung,”pungkas Kepala Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Ir. Heru Widjajanto, M. Si.

Sementara itu, Perwakilan dari Satker Pelaksana Prasarana Pemukiman Wilayah (PPPW) 1 Jatim, Rekyan Puruhita Sari menyampaikan,”Harapan kami mewakili Kementrian PUPR, program Kotaku ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk Kabupaten Jombang pada umumnya dan Tiga Kecamatan penerima pada khususnya.

“Adapun 3 Kecamatan dan 9 Desa itu merupakan perwakilan dan bukan akhir di tahun 2019. Jika bantuan pemerintah hadir di Kabupaten Jombang, sebesar 13 Milyar ini, bisa tersambung dengan bantuan-bantuan lain dan tidak harus dalam bentuk bantuan BPM, tapi bisa dalam bentuk TPA Jombang, SPAM Jombang dan itu jika ada usulan,”ujar Rekyan Puruhita Sari.

Bupati Jombang, Hj.Mundjidah Wahab, dalam sambutannya mengucapkan apresiasi serta terimakasihnya pada seluruh pihak maupun Pemerintah Pusat yang telah membantu dalam program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang, saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat atas kerjasamanya yang telah membantu dan mengurangi beban APBD. Yang mana di tahun 2019 ini kita memperoleh bantuan sebesar 13 miliar,”terang Bupati Mundjidah.

Lanjut Bupati Mundjidah,”Kami menghimbau kepada kepala desa yang menerima bantuan ini, agar program Kotaku bisa di pelihara dan diperhatikan dengan baik.

“Tentunya kami mengharapkan agar semua desa bisa mendapatkan program RTH buat anak-anak dan lansia. Agar bisa buat tempat seperti berkumpul, berolahraga dan lain-lain,”pungkas Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab. (rud/ff)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here