Melalui PTSL Warga Dukuh Merasa Sangat Terbantu Miliki Sertifikat Tanahnya 

0
300

KEDIRI,SINARPOS.CO.ID – Program Strategis Nasional yang dicanangkan oleh pemerintah pusat yaitu Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum atas hak tanah yang dimiliki.

Latar belakang dari program ini karena Pemerintah masih menemukan banyak tanah di Indonesia yang belum disetujui atau tidak memiliki sertifikat.

Pensertifikatan tanah merupakan hal yang wajib dilakukan masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum dan membuktikan persetujuan dari kepemilikan tanahnya yang dibuktikan dengan sertifikat tanah.

Warga Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten kediri bisa bernafas lega, pasalnya program PTSL sudah dilaksanakan didesa dukuh pada tahun ini.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah kediri, juga kepada Pak Kepala Desa Dukuh serta panitia ptsl Karena sertifikat tanah ini sangat kami nanti dan berguna sekali bagi kami,” kata Katiman, warga Dukuh

“Bikin sertifikat reguler lama dan sangat mahal bisa jutaan, melalui program ini pembuatannya murah, terimakasih desa sudah memperhatikan kami,” imbuhnya.

Tanah mempunyai arti penting bagi kehidupan masyarakat, tanah dianggap sesuatu yang sakral karena dengan mempunyai sertifikat tanah bisa disebut sebagai simbol sosial yang memilikinya.

“Program PTSL ini saya harapkan bisa berjalan dengan baik lancar dan sukses di desa kami, dan masyarakat dapat mengikuti sesuai petunjuk, sosialisasi ini sangat penting, ini juga salah satu bentuk tugas kami untuk melayani warga masyarakat desa dukuh,” kata ketua ptsl H Sutikno kepada wartawan Sinar Pos Senin (20/01/2020).

“Warga desa dukuh sangat antusias mendukung program PTSL ini dari 4 dusun yang ada di Desa Dukuh yaitu
Dusun Dukuh Utara, Dusun Dukuh Selatan,Dusun Ngadirejo dan
Dusun Krajan.

Pemohon yang mendaftar ke panitia sebanyak kurang lebih 2500 bidang Termasuk 14 tanah wakaf

Desa Dukuh cukup luas dengan penduduk kurang lebih 3500 yang terdaftar di DPT
keantusiasan pemohon PTSL disambut baik oleh pemerintah desa dukuh dengan membentuk panitia PTSL melalui forum musyawarah dengan hasil kesepakatan musyawarah menetap kan panitia
Ketua H Sutikno, sekertaris Dita,
Bendahara Ayu Cahyaningtyas
serta dibantu 22 anggota lain termasuk tim lapangan serta tim IT

H Sutikno dan anggota PTSL juga sangat berterima kasih kepada pemohon karena diberi amanah untuk melakukan pemberkasan sehingga akan berusaha semaksimal mungkin agar PTSL di Desa Dukuh ini cepat selesai

Sampai saat ini pemberkasan berjalan lancar karena pihak Pemerintah Desa serta Badan Pengawas Desa juga ikut membantu, pengamanan didesa juga aman terkendali berkat BABINSA dan BABINKAMTIBMAS yang selalu memantau langsung keamanan desa (DUL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here