BPN Jombang Serahkan 347 Sertifikat Tanah Program PTSL Warga Talun Kidul Sumobito

0
337

Jombang, Sinar Pos – Dalam mensukseskan program pemerintah, semua tanah harus memiliki sertifikat tanah sebagai bukti kepemilikan atas tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap PTSL.

Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Jombang, serahkan 347 sertifikat tanah program PTSL kepada warga masyarakat Desa Talun Kidul, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang. Kamis, (16/01/2020) bertempat di pendopo desa setempat.

Suroso, selaku wakil ketua tim dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Jombang mengatakan dengan adanya sertifikat, status kepemilikan tanah lebih kuat di mata hukum.

“Dengan memiliki sertifikat, tidak perlu dikhawatirkan lagi timbul permasalahan sengketa tanah di kemudian hari. Kemudian target untuk Desa Talun Kidul, Kecamatan Sumobito ini menurut data sebanyak 1.051 (Seribu Lima Puluh Satu) sertifikat. Untuk yang sudah cetak sebanyak 1.268 (Seribu Dua Ratus Enam Puluh Delapan) dan yang di bagikan pada tahap 1 sebanyak 236 (Dua Ratus Tiga Puluh Enam). Tahap 2 sebanyak 347 (Tiga Ratus Empat Puluh Tujuh) sertifikat,”ucap Suroso.

Lebih lanjut, Suroso meminta agar masyarakat menjaga dengan baik sertifikat tanahnya.

“Sertifikat merupakan barang berharga, yang bisa digunakan aksi untuk jaminan pinjam modal atau sebagainya.Tapi, jangan sembarang diserahkan pada orang lain. Khawatirnya, jika terjadi masalah di kemudian hari,”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Talun Kidul, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Bambang Sugianto, kepada awak media Sinar Pos menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat, Pemkab Jombang, serta Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Jombang yang telah membantu, serta memberikan  program PTSL yang selama ini menjadi keinginan warga Talun Kidul.

“Melalui program PTSL tahun 2019, tim pelaksana kegiatan, mengajukan sertifikat sebanyak 1.050 (Seribu Lima Puluh) dari 4 (Empat) Dusun, yang ada di Desa Talun Kidul. Di antaranya : Dusun Kedungwesi, Dusun Balongsono, Dusun Balongombo dan Dusun Sedamar. Kemudian untuk yang sudah selesai dan dibagikan pada hari ini sebanyak 347 (Tiga Ratus Empat Puluh Tujuh) sertifikat,”ujar Bambang Sugianto.

Kegiatan pembagian sertifikat tersebut, dihadiri oleh Staf perwakilan dari Kecamatan Sumobito, Tiga pilar beserta warga masyarakat yang menerima sertifikat.

Selama pembagian sertifikat, berlangsung secara tertib hingga kegiatan selesai. (rud/ff)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here