Pria Asal Lumajang Nekad Curi Kotak Amal Di Masjid Islamic Center Moeldoko

0
177

Jombang, Sinar Pos

Unit Reskrim Polsek Bandar Kedungmulyo telah mengamankan pelaku pencurian kotal amal Masjid dengan inisial IK bin (almarhum) Muh. Sahroni (32), asal Dusun Karanganyar, RT 03 RW 04, Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Kamis (19/09/2019)

IK melakukan aksi pencurian kotak amal tersebut sekitar pukul 10.00 Wib di Masjid Ismaic Center Moeldoko, Dusun Kayen, Desa Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang.

Kapolsek Bandarkedungmulyo AKP. Darmaji, dalam keterangannya mengatakan, awal mulanya pelaku berjalan kaki dari arah Kecamatan Perak menuju Masjid Islamic Center Moeldoko. Kemudian pelaku masuk ke dalam masjid tersebut dan pelaku mondar-mandir mengawasi sekitar masjid tersebut, selanjutnya pelaku naik ke lantai 2 (dua). Setelah itu pelaku melihat kotak amal berisi uang yang berada disebelah utara bersandar di pilar, kemudian pelaku melihat sekeliling dalam keadaan sepi. Lalu pelaku berusaha merusak kotak amal dengan menggunakan alat tatah (alat pahat) untuk membuka pintu kotak amal dan tutup kotak amal tersebut dalam keadaan pecah.

“Kemudian pelaku langsung mengambil uang dalam kotak amal dan dimasukkan kedalam tas ransel warna hitam merk Adidas. Setelah pelaku berhasil mengambil uang dalam kotak amal, kemudian pelaku bergegas keluar Masjid dan setelah pelaku melewati pos kemananan Masjid, pelaku langsung ditangkap oleh saksi Kawid dan saksi Aril (keamanan masjid),”imbuhnya.

“Setelah kejadian tersebut, saksi Kawid menghubungi unit Reskrim Polsek Bandarkedungmulyo untuk mengamankan pelaku pencurian kotak amal tersebut bersama saksi dan warga setempat. Kemudian pelaku diamankan bersama barang bukti berupa : uang tnai sebesar Rp. 1.517.000,- (Satu Juta Lima Ratus Tujuh Belas Ribu Rupiah, 1 (satu) Tas Ransel warna hitam merk Adidas, 1 (satu) Tatah (Alat pahat), 1 (satu) Pecahan kaca tutup kotak amal, 1 (satu) kotak amal yang bertuliskan kotak amal anak yatim yang terbuat dari alminium warna Coklat,”pungkas AKP. Darmaji.

Selanjutnya pelaku diamankan di Polsek Bandarkedungmulyo untuk dilakukan penyidikan. Kemudian tersangka dijerat dalam Pasal 363 Ayat (1) ke 5e KUHP. (rud/ff)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here