Minimalisir Volume Sampah Plastik, DLHKP Usulkan Perwali Penggunaan Wadah Plastik

0
48

KOTA KEDIRI, sinarpos.co.id – Saat ini Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Pemerintah Kota Kediri tengah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait penyusunan draft Perwali tentang Pengendalian dan Penggunaan Wadah Plastik.

Rakor tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi volume sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Klotok. Hal itu diakibatkan karena masih tingginya penggunaan plastik oleh masyarakat Kota Kediri.

Kepala Dinas LHKP Didik Catur, SP, M.Si melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Roni Yusianto pada Sinar Pos mengatakan, bahwa pihaknya tengah mengusulkan Peraturan Walikota (Perwali), penyusunan draft tentang pengendalian penggunaan wadah plastik, sebagai upaya untuk meminimalisir, menekan dan mengurangi volume penggunaan plastik di Kota Kediri.

“DLHKP Kota Kediri sedang melakukan upaya untuk pembatasan penggunaan wadah plastik, dikarenakan plastik hancurnya hingga puluhan tahun. Dengan adanya perwali tersebut, diharapkan penggunaan plastik dapat ditekan volumenya. Karena plastik, untuk struktur tanah tidak bisa berkembang dan tidak mudah terurai,” terangnya, saat ditemui diruanganya, Selasa (18/9/2019).

Roni menjelaskan, dalam rakor tersebut dilakukan pembahasan dimana penggunaan Plastik kedepannya, apakah dilarang atau dikendalikan. “Solusinya masyarakat jika ke swalayan atau ke pasar bisa membawa tas sendiri, tidak menggunakan kantong plastik,” tambah Roni.

Dalam rakor tersebut juga melibatkan OPD Pemerintah Kota Kediri lainnya, seperti dari Bagian hukum, Bapeda, Bagian ekonomi, dan Satpol PP sebagai penegak Perda, serta dari DLHKP sebagai pengusul Perwali tersebut. DLHKP juga berharap peran serta aktif dari masyarakat Kota Kediri, untuk mendukung upaya pemerintah Kota Kediri dalam rangka mengurangi volume sampah plastik ini (leh/yok).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here