Contoh Teladan, Kades yang Menjabat 3 Periode ini Ternyata Memiliki Segudang Prestasi Meningkatkan Kemajuan Desa Kelompang Gubug di Kecamatan Tambak Gresik

0
74

Gresik, Sinar Pos
Pada masa saat ini jabatan politik memang terkesan menggiurkan bagi banyak kalangan masyarakat, tidak terkecuali juga jabatan secara administratif pun sangat dihormati di berbagai kalangan masyarakat di setiap pelosok negeri ini. Namun akan sangat bijak sekali jika seorang pejabat yang memiliki jiwa sebagai seorang pemimpin (Leadership, red) mampu dan sanggup memegang amanah dengan penuh tanggungjawab, serta komitmen terhadap masyarakat luas mengenai tugas dan jabatan yang diembannya sebagai pelayan atau pun abdi masyarakat.

Adalah Suli, seorang tokoh masyarakat yang dikenal cukup luas di seantero Kecamatan Tambak Pulau Bawean yang telah berhasil mempertahankan kepercayaan masyarakat atas jabatannya selama 3 periode sebagai Kepala Desa, yang pada saat itu mekanisme pemilihannya pun langsung dipilih oleh masyarakat desa setempat secara jujur dan adil.

Menurut keterangan beberapa warga mengatakan, ternyata sang Kepala Desa merupakan sesosok yang mampu dijadikan teladan bagi masyarakatnya. Seperti halnya dalam etos kerja, Suli merupakan pelayan publik (Masyarakat, red) secara totalitas dan selalu mendengarkan setiap masukan serta kritikan warga dalam menyampaikan aspirasinya demi kemajuan pembangunan serta kesejahteraan warga desa.

Selama dua periode sebelumnya, beberapa prestasi Suli ketika menjabat sebagai Kepala Desa Kelompang Gubug diantaranya adalah:
1.Masuk peringkat ke empat besar sebagai salah satu desa terbaik se-Kabupaten Gresik.
2.Masalah perpajakan selama 12 tahun selalu tertib secara administratif.
3.Membangun tempat pendidikan, peribadatan dan tempat mengaji untuk anak-anak.
4.Keamanan dan ketertiban terjamin, Sudah terpasang CCTV , Situasi warga desa selalu kondusif belum pernah ada kasus pidana dan selalu sinergi dengan Aparat setempat dalam melakukan sosialisasi.
5.Peningkatan taraf kehidupan masyarakat yang rata-rata bekerja sebagai nelayan dan terutama sebagai petani menaik cukup signifikan, karena penopang beras terbanyak se-Kecamatan Tambak salah satunya adalah dari desa Kelompang Gubug.
6.Kemakmuran air bersih sudah bisa dinikmati bersama di seluruh desa. Dan untuk masalah kesehatan juga terjamin dan masih belum ditemui penyakit yang dianggap membahayakan kesehatan warga desa.

“Asal usul nama desa Kelompang Gubug awalnya diangkat dari sebuah pohon Kelompang besar di danau Kastoba yang menyerupai gubuk dan pohon tersebut merupakan lambang dari desa Kelompang Gubug”, ungkapnya ketika diwawancarai secara eksklusif oleh team awak media disela-sela kesibukannya setelah beberapa hari dilantik sebagai Kepala Desa pada periode ke tiga ini.
Untuk produksi dari desa Kelompang Gubug adalah anyaman tikar yang terbuat dari daun Pandan dan kemarin juga kami barusan mengadakan pembuatan gula aren terbesar se-pulau Bawean”, ungkapnya dengan ramah.

Suli menuturkan selama dirinya menjabat sebagai Kepala Desa sejak awal selalu mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat, baik itu dari segi pembangunan infrastrukturnya maupun pembinan SDM terhadap generasi muda di desanya. Alhamdulillah disini selalu kondusif, tentunya kami tetap berusaha melakukan peningkatan kinerja, serta pembangunan yang kami lakukan sesuai RAB dan pelaporannya pun selalu kami upayakan tepat waktu secara administrasi, ujarnya.
Suli juga menambahkan “Danau Kastoba adalah danau yang merupakan danau terbesar di pulau Bawean dan untuk inovasi kedepannya adalah perencanaan pembangunan sebagai tempat untuk pariwisata di danau Kastoba, karena disekitar pantai danau Kastoba ada lahan seluas sekitar 33 hektar yang bisa digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga”, ungkapnya. “Nanti jika inovasi ini terealisasi, kami akan menggandeng Dinas Pariwisata bersama Dinas lain dari Pemkab Gresik untuk mengangkat Danau Kastoba sebagai tempat wisata terbaik dan lebih luar biasa di Pulau Bawean”, imbuhnya.

Sedangkan menurut salah satu Pejabat di Kecamatan Tambak juga membenarkan prestasi yang telah diraih desa binaannya, bahwa Kepala Desa Kelompang Gubug selama memerintah selalu mengutamakan tertib administrasi dan menjadi salah satu desa terbaik di Kecamatan Tambak se-Kabupaten Gresik. Hingga kini tidak ada kendala apapun dan juga kami akui jika desa Kelompang Gubug menjadi salah satu desa terbaik yang ada di Kecamatan Tambak, administrasinya tepat waktu dan PBB nya pun sama”, tutupnya. (Hary Jogger)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here