Roadshow Trash Mob DLHK Sidoarjo di Sekolah Pinggir Sungai

0
36

Sidoarjo, Sinar Pos

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo mengadakan Trash Mob sebanyak tiga kali dibeberapa sekolah. Mulai Selasa (3/9), kegiatan itu diselenggarakan di SDN Klagen Wilayut, Sukodono. Dan Puncaknya berlangsung di SDN Keboananom, Gedangan,Selasa (10/8)Turut hadir Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo Sigit Setyawan, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo, Forkopimka kecamatan Gedangan.

Di ikuti siswa – siswa siswi dari enam sekolah yang berjumlah 250 peserta dari SDN Keboananom, SDN Ganting, SDN Keboansikep 1, SDN Keboansikep 2, SDN Sruni, SDN Gedangan. Trash mob diawali dengan senam UKS, kemudian pembagian alat-alat kebersihan seperti tempat sampah dan komposter.

Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan, Trash mob merupakan program rutin tahunan DLHK yang tepat sasaran tahun ini memilih Sekolah yang didepan terdapat sungai pada Roadshow Trashmob, dengan motto Sehat dimulai dari saya, maka Kepedulian terhadap lingkungan sehat diterapkan sejak dini .

Imbuhnya, Anak usia SD masih lebih mudah diarahkan, perlu diberi contoh yang baik dalam menjaga lingkungan sehat sekitarnya. Arahan Wabup kepada siswa-siswi “Sungai itu bukan tempat sampah, dan Buanglah sampah pada tempatnya”, prinsip itu harus di terapkan pada diri siswa-siswi sebagai pelopor di sekolah dan sekitarnya agar lingkungan kita sehat dan sungai bebas dari sampah.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo Sigit Setyawan menambahkan bahwa Trashmob merupakan acara tahunan DLHK Sidoarjo dengan sasaran roadshow yang dipilih merupakan sekolah yang di depannya terdapat sungai. Dengan ini “ Kita bentuk pola pikir anak agar tidak membuang sampai di sungai,”Tuturnya.

Mengapa perlu diterapkan? sSebab, hingga saat ini, masalah sampah di sungai tak kunjung selesai. Jika sejak SD sudah ditanamkan pola pikir bersih sehat, itu akan lebih membekas. Dan Sigit setyawan mengajak siswa-siswi untuk campaign minum air putih menggunakan tumbler, untuk mengurangi sampah botol plastik di Kabupaten Sidoarjo. Tutupnya.

Diakhir Trashmob, berlangsung Lomba seni yel- yel dengan tema daur ulang. “ Mulai sekarang saya pakai Botol isi ulang terus”. Tekad Amir, SIswa SDN Keboananom Gedangan.(Awi/Dl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here