SOSIALISASI DAN GERAKAN PENGENDALIAN HAMA TIKUS OLEH DINAS PERTANIAN

0
64

Ngawi, Sinar Pos

Tikus merupakan hama dalam pertanian,hewan ini selalu merusak tanaman petani. Mewabahnya hama tikus yang mengalami kegagalan petani padi disawah pertanian,selasa 03/09/2019 Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Pertanian menggelar sosialisasi sebagai upaya pemberantas dan pengendalian hama tikus di desa Ngleri kecamatan pangkur.

Turut hadir acara ini Dandim 0805 Ngawi,Camat Ngawi,instansi terkait beserta jajaranya,tokoh dari perwakilan rakyat,polsek setempat,dan BPP Madiun serta masyarakat setempat.
Menurut Marsudi selaku Kepala Dinas Pertanian menyampaikan sosialisasi ini merupakan pencegahan tikus terhadap hama padi dengan cara bersama sama melakukan pengumpanan, gropyokan,perburuan langsung,penyemprotan lubang lubang tikus maupun pemasangan bahan lainya seperti kyk lilin yang namanya”ASTUTIK”.

“Dengan sosialisasi ini agar dapat mengantisipasi dan menekan populasi hama tikus tersebut maka Dinas Pertanian kabupaten Ngawi bersama kodim 0805 Ngawi melaksanakan sosialisasi dan gerakan pengendalian hama tikus kepada para petani di Ngawi”.

Ditemui dilokasi Dandim 0805/Ngawi Letkol Arh Hany Mahmudhi,SE mengatakan tikus sawah merupakan salah satu jenis hama pada tanaman padi yang dapat mengakibatkan kerugian besar dan meresahkan petani maka kepada para petani untuk mengendalikan hama tikus ini tidak menggunakan jebakan dengan aliran listrik karena sangat berbahaya dan bisa menimbulkan korban jiwa.

Dengan gerakan pengendalian massal hama tikus ini diharapkan dapat memotivasi petani dalam ikut serta menekan serangan hama tikus untuk pencapaian peningkatan produksi padi di kabupaten Ngawi.(Adv.No3r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here