Beda Pola Pelaksanaan PTSL Bulurejo, Rengel

0
123

TUBAN, Sinar Pos
Dari beberapa pantauan pelaksanaan PTSL 2019 yang tersebar diwilayah Kabupaten Tuban , Tahapan yang dilalui hampir bersamaan namun beda pada pola pelaksanaannya, ada yang masih dalam proses pengukuran bahkan ada yang sudah dibagikan , seperti diwilayah Kecamatan Montong,  Desa Guwoterus merupakan satu satunya Desa yang melaksanakan Ptsl pada tahun ini Bahkan sertifikat sudah dibagikan pada minggu kedua Juli 2019 karena Sosialisi dilaksanakan pada akhir tahun 2018. Sementara di wilayah Kecamatan Rengel, tepatnya di Desa Bulurejo, pelaksanaan PTSL malah terbilang melejit dibanding wilayah desa lain , dimana Sosialisasi pada Februari 2019.

Panitia Ptsl setelah terbentuk lebih dulu mengimbau kepada warga, baik pengurus tanah kepemilikan rumah maupun sawah, untuk melakukan pengukuran dulu. Sebab dikhawatirkan muncul perubahan luasan tanah karena potensi banjir selalu mengintai desa itu. Dari Kuota yang dijatah BPN Tuban 1.100 bidang,  pendaftaran sekaligus pemberkasan yang masuk 1.000 bidang.

Koordinator ptsl, Sarjuni mengatakan “Desa Bulurejo sudah duluan, dari pengukuran bidang tanah, pemberkasan, kemudian gambar pemetaan dan saat ini tinggal proses pembenahan kroscek data, Biarlah Desa lain sertifikat sudah dibagikan itupun pembagian beberapa tahap, tetapi kami sebagai panitia ingin 100 persen tuntas dan dibagikan satu tahap sehingga tidak ada kecemburuan dan prasangka buruk dari Masyarakat (Pam)
[21/7 21:26] Pamuji: Pembagian sertifikat secara Simbolis di Desa Guwoterus , Montong

TUBAN, Sinar Pos – Bertempat di Balai Desa Guwoterus Kecamatan Montong Kabupaten Tuban, Pertengahan Juli 2019 yang lalu telah dilaksanakan pembagian sertifikat dari Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tuban . Pembagian sertifikat tercepat diwilayah Tuban karena Sosialisi dilakukan juga lebih awal sejak Desember 2018. Jumlah sertifikat yang dibagikan sebanyak 915 bidang dari Kuota yang diberikan 1.500 bidang . Jumlah keseluruhan yang masuk ke Bpn 930 bidang masih kurang hanya 15 bidang.

Pembagian dilakukan secara simbolis Camat Montong,  Kabupaten Tuban, Suwoto dan dalam cuplikan singkat sambutannya disampaikan  “Pembagian sertifikat ini kita lakukan untuk merangsang masyarakat supaya percaya bahwa program ini betul-betul ada, dengan bukti ada yang sudah jadi,” katanya. Menurutnya, selama ini yang menjadi kendala di lapangan, kadang masih ada masyarakat yang kurang percaya bahwa program PTSL itu ada dan gratis. Selain itu memang ada kendala di lapangan lain yakni terkait dengan biaya. Perlu diketahui sumber pembiayaan untuk percepatan pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dapat berasal dari pemerintah dan/atau masyarakat“

Program Ptsl yang diterima Desa Guwoterus  merupakan program pertama yang sebelumnya tidak mendapatkan program serupa dan satu satunya Desa diwilayah kecamatan Montong yang menerima program ini. Dalam kesempatan ini, Doni selaku Ketua ptsl sangat bangga sekaligus memberikan ucapan terima kasih pada Pemerintah Daerah setempat yang mengapresiasi pelaksanaan Ptsl didesa Guwoterus tentu saja Keberhasilan pelaksanaan didukung Antusias warga yang menerima kuota juga kerja sama Pemerintah Desa setempat.(Pam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here