KEMARAU 2019, KEKERINGAN ANCAM SEJUMLAH WILAYAH DI PACITAN

0
154

Pacitan,- Sinar Pos
Kemarau panjang membuat warga di beberapa desa di kabupaten Pacitan mulai mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih, baik untuk minum maupun kebutuhan sehari-hari.

Kekeringan yang melanda wilayah kabupaten Pacitan awalnya di alami 45 desa, namun kini meluas hingga 49 desa yang tersebar di beberapa daerah di kabupaten pacitan.

Menurut kepala pelaksanaan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kabupaten Pacitan didik alih Wibowo , sebanyak 13 desa berpotensi kritis pasokan air bersih, seperti di desa Jlubang, Pelem, Ngadirejan, Sugihwaras, kelurahan Pucang Sewu, Sambong, Ponggok, Tambakrejo, Borang, Pager kidul, Sudimoro, Sembowo, dan desa Karang Mulyo. 5 desa berpotensi kering langka terbatas antara lain, desa Punung, Mendolo lor, Ploso kecamatan Punung, Gembong , dan desa Temon. ” 5 desa lagi yang berpotensi kering langka air antara lain desa Mantren, Jatimalang, Ploso kecamatan Tegalombo , Ngreco, dan Gemaharjo.”Ucap Didik.

Desa yang di kategorikan kering kritis artinya tidak memiliki ketersediaan air bersih sama sekali, sedangkan kering langka pada dasarnya masih memiliki sumber air namun dalam jumlah terbatas dan hanya bisa memenuhi kebutuhan air dalam jangka waktu yang tidak lama. “Sejauh ini kami sudah mulai menyalurkan bantuan air bersih ke 15 desa yang terdampak,”imbuhanya.

Pada 2018, BPBD kabupaten Pacitan mencatat kekeringan di 25 desa, namun tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 49 desa, penyebabnya karena dampak kemarau yang datang lebih awal . Seperti Donorojo , Pringkuku, Bandar, kecamatan Pacitan, Kebonagung, Ngadirojo, Sudimoro, dan Tulakan, delapan kecamatan tersebut merupakan mayoritas daerah yang masuk zona merah kekeringan.

Bantuan air bersih tidak hanya di lakukan tim BPBD, unit/lembaga dan relawan yang saat ini aktif menyalurkan bantuan air untuk di distribusikan ke daerah-daerah yang mengalami kering kritis.

Selama masa siaga, BPBD setempat
mengalokasikan dana penanggulangan dalam bentuk penyaluran air bersih hingga 240 truk tangki . (Soni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here