RIBUAN BENUR LOBSTER DILEPASLIARKAN DI LAUT BARAT PACITAN

0
101

Pacitan,- Sinar Pos

Puluhan warga yang tergabung dalam kelompok nelayan sidorukun 1 sangat antusias melihat kedatangan rombongan dari badan karantina ikan dan pengendalian mutu (BKIPM) Surabaya 1 , direktorat jendral pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan kabupaten Pacitan . Rombongan tersebut membawa 113.212 ekor benur atau baby lobster jenis mutiara(panulirus ornatus), yang akan di tebar laut watu karung Pacitan.

Pemilihan lokasi penebarliaran benur tersebut atas perintah langsung menteri kelautan dan perikanan indonesia, sebab wilayah tersebut bebas dari pelak dan pencurian. Penebarliaran yang ke 4 tersebut salah satu hasil dari sitaan dari team gabungan subdit 4 Bareskrim dan BPIKM Jambi pada 02 Juli 2019 yang akan di selundupkan ke vietnam. “Bisnis-bisnis ilegal yang sangat juga sangat merugikan warga ataupun nelayan tersebut kian marak terjadi, kami tegas siapa pun pelakunya, pasti akan berakhir di jeruji besi”. ucap Muhlin.

Selain itu, kepala BKIPM kelas 1 Surabaya tersebut juga mengatakan ” penebarliaran ini selain untuk melestarikan sumber daya laut perlu kita tahu jika benih ini sampai ke luar negeri pasti tujuan akhirnya ke vietnam, seperti yang kita tahu Vietnam menjadi penghasil lobster terbesar di dunia, padahal dari Vietnam sendiri tindak punya, dari sinilah asalnya” tambah mualin (Yudi/Soni).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here