WABAH HEPATITIS A DI PACITAN

0
114

Pacitan,- Sinar Pos

Jawa Timur saat ini menjadi daerah yang mengalami kejadian luar biasa (KLB), karena beberapa Minggu ini di Pacitan banyak masyarakatnya yang menderita Hepatitis A. Sebanyak 957 warga tercatat sudah menderita Hepatitis A, yang sudah tersebar di sembilan kecamatan di kabupaten Pacitan .

Dalam konfrensi pers pada tanggal 1 Juli 2019 yang di selenggarakan di ruang rapat Bupati Pacitan, Dalam rapat tersebut bersama bupati dan wakil Bupati Pacitan serta Kapolres Pacitan serta Kodim 0801,dan Dinas kesehatan kabupaten Provinsi. Kejadian ini berawal pada tanggal 15 Juni 2019, Dimana Dinas kesehatan kabupaten Pacitan menerima laporan dari puskesmas Sudimoro yang telah ditemukan kasus yang di duga Hepatitis A sebanyak 8 kasus.

Kemudian pada tanggal 17 juni 2019 di lakukan penyelidikan lebih dalam terkait kasus tersebut sehingga ditemukan 60 kasus Hepatitis A, dan kasusnya terus bertambah hingga menyebabkan 975 masyarakat terjangkit penyakit tersebut.

Mengingat penyakit ini sebelumnya jarang di temukan khususnya di kabupaten Pacitan, maka ada beberapa indikasi yang di duga menjadi penyebab penyebaran virus , mulai dari kontaminasi air yang mengandung virus di aliran sungai, makanan yang terjual di beberapa kecamatan, hingga kekeringan akibat curah hujan yang menurun beberapa bulan ini.

Hanya dalam kurun waktu dua pekan, penyakit Hepatitis A atau biasa di sebut penyakit kuning, sudah menyebar luas dengan sangat cepat dibeberapa kecamatan di kabupaten Pacitan.

” KEMENKES kabupaten Pacitan menghimbau masyarakat untuk tidak perlu khawatir, sebab penyakit ini tidak membahayakan dan bisa sembuh dengan sendirinya” Jelas Achmad Yurianto .
Sejak penetapan KLB Hepatitis A, dinas kesehatan Pacitan langsung memberikan zat desinfektan air terhadap sumber dan tempat-tempat penampungan air.

” Untuk mengatasi semakin parahnya penyakit tersebut para pasien harus istirahat total, dengan seperti itu biasanya bisa sembuh dalam waktu yang tidak terlalu lama” kata Achmad Yurianto.
Kepala dinas kesehatan kabupaten Pacitan Eko Budiono, menghimbau masyarakat untuk selalu mencuci tangan sebelum memegang makanan maupun sesudah buang air besar atau buang air kecil. (Yudi/Soni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here