Workshop Penerapan Disiplin Positif

0
41

SURABAYA, SINAR POS – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak RI Bekerjasama dengan Pemprov Jatim gelar workshop mengenai penerapan disiplin positif di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya Hari Selasa (21/5/19).

Asdep Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dra. Valentina Ginting, M.Si mengatakan, kegiatan ini kita sampaikan kepada guru, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, ini dalam rangka untuk melihat bagaimana peran daripara pendidik dan tenaga kependidikan menurunkan angka kekerasan terhadap anak, salah satu kontribusi dari pendidik kekerasan ini, di sekolah terkait dengan masih adanya tenaga pendidik dan kependidikan yang melakukan kekerasan terhadap anak.

Ini mungkin bukan karena kesalahan dalam pendidikannya, tapi ada unsur ketidak tahuan daripada tenaga pendidik atau tenaga kependidikan sehingga kita perlu mengingatkan, jadi salah satu tujuan dari pelatihan ini, adalah untuk memberikan pemahaman dari pada mereka bagaimana memberikan disiplin yang positif untuk memberikan pendidikan yang lebih logis kepada anak dalam melakukan pendidikan, jadi tidak berfikir emosi, tapi berfikir lebih logis kepada anak dalam melakukan pendidikan, ujarnya.

Contoh, misalnya ketika anak datang terlambat ke sekolah, bukan ditanya kenapa kamu terlambat, apa alasan kamu terlambat, tapi guru-guru itu bilang, kamu kamu terlambat datang harus di strap. Tapi tidak ditanyakan kenapa mereka terlambat, kenapa hari ini mereka tidak pakai seragam, itu pertanyaan tidak pernah atau jarang sekali dilontarkan guru, jadi disitulah guru itu harus berfikir , kita tidak bisa lagi bertanya satu arah kepada murid, karena murid-murid sekarang berbeda cara berfikirnya, karena dunia ini kan sudah tanpa batas, pengetahuan mereka jauh lebih besar, jadi alasan-alasan itu yang harus juga disampaikan oleh guru ketika ingin melihat kepada anak itu dalam menerapkan disiplin tuturnya. (Nwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here