Bimtek Responsif Gender Tim Driver PUG Kabupaten-Kota Se – Jatim

0
99

SURABAYA, SINAR POS

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindingan anak dan Kependudukan Provinsi Jatim gelar Bimtek Penyusunan perencanaan dan penganggaran responsif gender (PPRG) bagi tim penggerak PUG dari 19 Kabkota di Prov jatim di Hotel Elmi Hari Selasa (21/5).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan Prov Jatim, Dr. Rahayu.SH, M.si mengatakan, Pada kesempatan yang bahagia ini saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah Puasa, ini bimtek anggaran responsif Gender (ARG) focal point Gender PD dan TIM penggerak PUG prov jatim tahun 2019 dalam rangka meningkatkan pemahaman, kemampuan dan kompetensi focal poin gender PD dan tim penggerak PUG prov Jatim.

Sebagaimana dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) ada 3 hal yang menjadi arus utama yaitu: 1- Pembangunan yang berkelanjutan. 2- Good Government. 3- Gender maistreaming.

Pembangunan yang berkelanjutan hanya bisa terjadi jika proses pembangunan dilaksanakan secara transparan dan mampu memberdayakan masyarakat baik laki-laki maupun perempuan, bahkan melindungi perempuan dan membebaskannya dari kekerasan, sehingga perempuan dapat terlibat dalam transformasi kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan masyarakat. Keberhasilan pembangunan bidang pengarusutamaan gender di provinsi jatim ditentukan oleh komitmen para pemangku kepentingan dengan mengimplementasikan permendagri nomor 67 tahun 2011 tersebut dengan mengintegrasikan gender ke dalam dokumen pembangunan daerah yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi.

Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam permendafri nomor 15 tahun 2008 tentang pedoman umum pelaksanaan pengarustamaan gender di daerah, pada pasal 4 ayat 1 menyebutkan bahwa pemda berkewajiban menyusun kebijakan, program dan kegiatan pembangunan responsif gender yang berbasis kinerja. Untuk itu pemerintah prov. Jatim berkewajiban menyusun kebijakan, program dan kegiatan pembangunan responsif gender yang dituangkan dalam RPJMD, RKPD, Renstra-PD.

Pemprov. Jatim telah pengarusutamaan gender dengan diterbitkan peraturan daerah prov. Jatim nomor 1 tahun 2017 tentang perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) prov jatim tahun 2014=2019, salah satu strategi pembangunan Jatim adalah pengarusutaan gender, dan memperhatikan peraturan gubernur Jatim nomor 66 tahun 2013 tentang pedoman pelaksanaan pengarusutamaan gender dalam pembangunan prov Jatim.

Harapan kami melalui bimtek ini semakin menguatkan kabkota dalam pelaksanaan pembangunan responsif gender, karena saat masih ada kab. Atau kota yang tertinggal, ada 12 kota yaitu Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kab Kediri, Mojokerto kab, Mojokerto kota, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Jember, Kota Madiun dan kota Malang. (Nwi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here