Desa Wisata Mandiri Kabupaten Kediri Kian Diminati

0
35

KEDIRI, SINARPOS.CO.ID – Pertumbuhan Desa Wisata Mandiri di Kabupaten Kediri kian menggeliat, setidaknya sudah ada 9 Desa wisata yang menarik untuk di kunjungi, Salah satu wisata kuliner Kabupaten Kediri yang tengah viral saat ini adalah Pasar Jajan Ndeso Sor Pring. Berlokasi di Desa Ngadi Kecamatan Mojo, tiap akhir pekan pasar ini tak pernah sepi pengunjung.

Selain itu ada Desa Wisata alam dan kuliner di Medowo, Di Desa Joho, Kebun bibit Jambu di Kayen Kidul, belum lagi di sumber podang dan desa – desa lain kini mulai bermunculan desa wisata serupa.

Untuk Pasar Jajan deso di Ngadi, sebenarnya baru dibuka awal tahun 2019, dengan menjual aneka jajan ndeso/tradisional. Namun kini telah ramai dikunjungi maryarakat lokal maupun dari luar kabupaten kediri, awalnya pasar ini merupakan ide dari Kepala Desa Ngadi, Basuki Eko Margono.

“Awalnya saya prihatin, di luar hari pasaran kok warga tidak ada kegiatan. Dari situ terbersit keinginan untuk membuat kegiatan yang bisa diikuti warga. Saya juga melihat berbagai refrerensi. Akhirnya muncul ide membentuk pasar jajan ndeso ini,” ujarnya (10/2).

Sebelumnya pasar ini hanyalah lahan kosong yang terdapat banyak tanaman bambu dan tanaman liar lainnya. “Saya kemudian mengajak warga untuk membersihkan lokasi tersebut, sehingga menjadi rapi, nyaman, dan sejuk untuk dijadikan objek wisata pasar jajan ndeso,” tambah Kades Basuki.

Banyak jenis jajanan ndeso yang dijual di sana seperti klepon, getuk, pecel, cenil, ketan, dawet, jenang grendul, mendut, jamu dan lain sebagainya. Yang unik, beberapa penjual juga menggunakan wadah tradisional untuk menyajikan hidangan, seperti kendil, serta mangkok dan gelas dari batok kelapa. Harganya pun murah meriah, mulai dari 500 hingga 5.000 rupiah.

Selain aneka jajanan ndeso, di sana juga disiapkan beberapa permainan tradisional, spot foto bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan fotonya dengan nuansa alam serta hiburan musik tradisional. Tidak perlu khawatir, lokasi pasar ini sangat rindang, sejuk, dan nyaman sehingga banyak masyarakat dari luar Kediri seperti Jombang, Nganjuk, Tulungagung, Lamongan dan Surabaya yang datang dan mencicipi aneka kuliner yang dijajakan.

Pasar ini akan terus digelar. Selain sebagai wahana pemberdayaan dan menggerakkan ekonomi warga, adanya pasar ini juga mengajak masyarakat ikut melestarikan makanan tradisional. (Ad/kom/leh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here