Ruwat Desa Segoro Tambak Kecamatan Sedati gelar Wayang Kulit

0
5

SIDOARJO – Sinar Pos Desa Segoro Tambak Kecamatan Sedati, Sidoarjo punya hajat besar. Hajat itu berupa ruwat desa. Bertempat di Rt 3 Rw 1 ruwat desa dimeriahkan dengan pertunjukan wayang purwo (wayang kulit) dan campur sari dengan menampilkan dalang Ki Surwedi asal Dusun Plumpung Desa Bankung Pringgodani Kecamatan Balong Bendo dengan lakon triwahyu.

Acara yang digelar 2 hari berturut turut yang sejatinya juga mengundang segenap jajaran pejabat Forkopimka Kecamatan Sedati, tokoh masyarakat, dan juga kerukunan kepala desa di Kecamatan Sedati, Hadir pula Camat Sedati Ridho Prasetyo,S.STP.MA. Komandan Koramil Sedati, dan Kapolsek Sedati.
Menurut Kepala Desa Segoro Tambak Bahrul Ulum SH, kegiatan ruwat desa ini rutin diselenggarakan setahun sekali. ” Hal ini adalah wujud dari upaya kami untuk melestarikan nilai nilai budaya yang diwarisi para leluhur,” tuturnya.


Ruwatan desa juga sebagai tanda ucapan syukur warga desa bersama jajaran pemerintahan desa Segoro Tambak, kepada Tuhan atas limpahan nikmat berupa keamanan, kerukunan dan hasil panenan yang baik , dalam kegiatan ruwatan desa tersebut antusiasme warga desa sangat luar biasa, mereka berbondong bondong hadir menyaksikan acara ruwatan tersebut yang dimeriahkan dengan pertunjukan wayang kulit dan campur sari.

Selama dua hari warga desa Segoro Tambak disibukan dg kegiatan ruwat desa.Sehari sebelum acara pagelaran wayang kulit pada jumat (12/4/2019) kegiatan ruwat desa tersebut di buka dengan istigosah dan pengajian akbar dengan pembicara ustad Muzammil Arif dari Kenjeran.Keesokan harinya diadakan selamatan massal dan kegiatan tersebut ditutup dengan pagelaran wayang kulit.
( Awi/dw )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here