Kemendag Gelar Program Promosi Dagang 2019

0
165

SURABAYA, SINAR POS – Kementerian Perdagangan gelar Program Promosi dagang tahun 2019 dengan Tema : Moving Forward To Serve The World, di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya Selasa (26.03.19).

Dirjen Pengembangan ekspor Kementerian Perdagangan, Arlinda, mengatakan, bagaimana situasi ekonomi kita saat ini bagaimana kita harus menyesuaikan dengan ekonomi global, bagaimana ekspor kita di tahun 2018 jadi comphare dengan tahun 2017 memang kita mengalami defisit di tahun ini, namun dari segi angka kita juga masih mengalami peingkatan, khususnya untuk ekspor non migas, kita mengalami peningkatan sebesar 6,35 persen, yang tahun lalu kita jumlahnya sekitar 13 miliar, tahun ini kita mencapai 162,8 miliar. Kalau dilihat dari inputnya memang lebih banyak tahun ini sehingga kita mengalami defisit. Kita lihat ke jalan, bahwa defisit itu bisa disebabkan karena memang kita banyak impor bahan baku, bahan penolong dan itu artinya menandakan bahwa ekonomi ini mulai bergerak, apa yang mereka impor itu bisa diolah kembali untuk menjadi produk-produk yang bisa bernilai tambah tinggi ujarnya.


Tugas kemendag ada 3, tadi saya sampaikan, pertama, menjaga stabilitas harga dan menjaga kesetiaan bahan pokok revitalisasi pasar rakyat dan membangun pasar rakyat. Yang ketiga itu adalah menjaga neraca jangan serta meningkatkan ekspor ini yang ada di Direktorat kami, jadi kami ada 3 direktorat perdagangan internasional, ada perdagangan luar negeri dan pengembangan ekspor nasional. Tugas daripada nasional ini adalah melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka peningkatan ekspor melalui promosi-promosi dan promosi dagang. Kita juga melakukan pendampingan – pendampingan kepada dunia usaha atau pelaku-pelaku ekspor terbaru tuturnya.
Sementara itu Ketua Iwapi Jatim, Rahmawati, mengatakan pelaku usaha ini sangat penting, paling bagus menurutnya, karena sudah hampir empat tahun ini, tidak pernah ada expo sebaik ini, ini secara gamblang, ada kepala-kepala bidang yang bisa saya hubungi dan bisa minta recommended karena rekom-rekom itu dibutuhkan bagi pelaku usaha. Kami sebagai Ketua DPD Iwapi jatim, nanti saya share kepada semua pengurus dan anggota, bagi pelaku usaha, memang Iwapi semua punya usaha apapun bentuknya dan kesempatan untuk pameran be to be keluar negeri ini memang bagus sekali ujarnya.

Harapan kami pelaku usaha kedepannya, nanti ada sponsor dari provinsi khususnya jatim, jadi pelaku usaha tinggal membayar, mungkin hanya tiketnya, yang mahal kan di stannya, stannya pameran di Dubai itu 12 hingga 15 juta, Tapi kalau pemerintah mau support, stan di fasiiitasi oleh pemprov, oleh Pemerintah, nanti tiketnya kita sebagai pengusaha tentu pasti sudah di perhitungkan . Apalagi program dari Ibu Gubernur menurut saya sangat bagus sekali, jadi tinggal Gayung bersambut saja tutur Rahmawati.

Dari IPEMI (ikatan Pengusaha Muslim Indonesis) Ribut Ernawati yang biasa di sapa Nana yang juga pengusaha yang bergerak di bidang Aksesoris dengan nama Usaha NA COLLEKTION, mengatakan tahun 2018 kebetulan bisa mengikuti TEI (Trade Expo Indonesia). Yang di dapat dari Kurasi Di FTA Surabaya yang bekerjasama dengan Disperindag Jatim .Dari TEI itu bisa banyak belajar tentang produk yang bagaimana yang diminati Buyer serta persiapan apa sebaiknya yang harus jadi bekal dalam mengikuti TEI.

Bahkan buat teman-teman yang tidak mendapatkan stand di TEI. tersebut , hendaknya bisa meluangkan waktu untuk datang dan mengikuti Business Matching yang di agendakan Di TEI

Selain mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Nana juga
Mengharap kepada Pemerintah:
Semakin di tingkatkannya bimbingan pembinaan,pembekalan , maupun fasilitas yang bisa menunjang para UKM untuk menghadapi pasar bebas.

Kebetulan Nana juga sudah merasakan manfaat dari COACHING PROGRAM PPEI 2018 yang bekerjasama dengan Desperindag Jatim yang di tempuh selama 1 tahun. Disinilah di bimbing supaya menjadi UKM yang siap bersaing di pasar bebas.

Demikian kata Nana yang juga anggota APKJ(Asosiasi Pengusaha Kerajinan Jombang) ini menuturkan
Salam Sukses. Tuk para UKM.(Nawi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here