EAST JAVA ECONOMIC FORUM

0
51

SURABAYA, SINAR POS – Center Of Reform On Economic (CORE) bersama Harian pagi Surya selenggarakan Economic Forum, di Hotel Shangri-la Surabaya Senen (25.03.19).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, PHD Mengataakan ada 3 pesan penting menghadapi ekonomi dunia saat ini. Pertama Optimis, kita optimis, ekonomi Indonesia lebih baik dan stabilitas terjaga cukup kuat untuk menahan dampak dunia 2019 atau 5 tahun kedepan, karena kebijakan-kebijakan yang dilakukan 5 tahun terakhir, ke dua, Sinergi, pentingnya sinergi yang dibangun selama ini sangat kuat, “Saya merasakan sinergi sangat kuat, antara berbagai pihak, kementerian, OJK sangat bagus dengan kami. Kami berkali-kali berdebat bagaimana kebijakan ekonomi nasional lebih baik, sektor real, bagaimana pengembangan industri, Pariwisata, UMKM, SDM, dan BI sangat support katanya. Ke tiga adalah kontinyu atau berkelanjutan tuturnya.

Sementara itu Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengatakan bahwa tren pembangunan infrastruktur di pemerintahan Jokowi seharusnya menjadi peluang kolaborasi sektor UMKM berbasis kerajinan atau Handy craft, misalnya dapat lebih ditingkatkan, menurutnya Pemerintah telah konsisten membangun berbagai bidang infrastruktur mulai dari jalan tol sebagai penghubung di jalur darat, kemudian Tol Laut, untuk mempermudah pola distribusi barang antar pulau hingga Tol Langit atau udara dengan membangun Bandara berskala internasional hingga jaringan komunikasi. Kita juga membangun infrastruktur langit, yakni Palapa Ring yang menggunakan hampir 100% Fiber Optic. Sehingga ketika kita bisa berkomunikasi saat berada dimana saja dengan tidak ada masalah ucapnya.

Seharusnya keberadaan jaringan tersebut bisa di manfaatkan oleh para pelaku usaha yakni dengan mengolaborasi melalui teknologi yang meghubungkan perusahaan dengan konsumen atau e-commerce.
Dijelaskan Moeldoko, saat ini sudah banyak beberapa contoh pengusaha yang sukses mengobinasikan handy craft berbasis e-commerce tersebut dan berhasil menaikkan pendapatan.

E-commerce indonesia luar biasa apalagi dengan pertumbuhan infrastruktur di sebuah daerah, ada pengrajin dari kayu bekas, dulu maximal menjual hanya 50 biji, sekarang dengan teknologi, bisa mencapai 50.000 biji, ini sangat dahsyat katanya.
“Infrastruktur menjadi salah satu cara Pemerintah untuk menekan biaya logistik”. Dengan penyediaan logistik yang terjangkau, akan sekaligus menarik antusias investor untuk menanamkan modal di Indonesia khususnya Jawa Timur. Selain meningkatkan investasi, keberadaan infrastrusktur juga diharapkan dapat membangun peradaban Indonesia. Contohnya Mode transportasi yang pertama kali ada di Indonesia yang baru diresmikan Presiden Jokowi, MRT di Jakarta.

“Kemarin sudah diresmikan kata Bapak Presiden, ini adalah salahsatu cara membangun Peradaban” tuturnya. (Nwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here