Pendidikan Profesi Advokat Peradin

0
33

SURABAYA, SINAR POS – Persatuan Advokat Indonesia (PERADIN) menggelar Pendidikan Advokat di Hotel Sahid Surabaya ( 17.03.19).

Ketua Bidang Akademis Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Jatim dan Ketua Bidang Perbankan di Badan Pengurus Pusat Peradi, Maryanto SH, MH. mengatakan, Pendidikan Profesi Advokat ini dari Peradin kita adakan di tiap 6 bulan sekali, peserta banyak yang bukan hanya dari Surabaya, tapi banyak yang dari luar kota, rata-rata sekali angkatan antara 30 sampai 40 peserta ujarnya.

Pendidikan biasanya kita jalankan selama antara 2 hingga 3 bulan, pada hari Sabtu dan Minggu, mulai jam 08.00 hingga 16.00. Kita mengadakan ini dengan tujuan agar Advokat ini tersebar di seluruh Jawa timur (Jatim), karena banyak kasus-kasus yang ditangani, banyak kasus masyarakat dimana kurang mendapat bantuan.

Peradin terjun di bawahnya atau di masyarakat semata-mata tidak hanya mencari materi, tapi bersifat sosial, jadi kita tidak semata mata untuk materi, intinya bersifat membantu. Jadi di Peradin ini kita ada LBH (Lembaga Bantuan Hukum) dimana kita membantu mereka, warga yang membutuhkan pelayanan hukum, tetapi minim keuangan atau biaya, jadi mereka bisa IKadin dimanapun berada, mulai dari Ngawi, Bojonegoro, Tuban sampai Situbondo, Banyuangi silahkan, kita ada DPC-DPC (Badan Pengurus Cabang) yang di setiap kabupaten kota ada, silahkan menghubungi mereka, silahkan menghubungi Advokat-Advokat yang dari Peradin, silahkan minta bantuan, karena akan beri pelayanan, kita tidak hanya mencari keuntungan atau materi, tapi kita berusaha membantu mereka agar masalah, agar kasus tentang hukum mereka bisa tangani, itu harapan kita katanya.

Kalau laporan dari DPC-DPC, hampir setiap DPC melaporkan ada satu dua kasus yang mereka tangani dan itu semua murni bantuan hukum Cuma-Cuma. Tapi sekedar memberi akomodasi, tapi semua kita harapkan secara sukarela. Tidak membebani masyarakat.

Target ke depan untuk tahun 2019 ini, pertama kita akan banyak advokat-advokat lagi, karena di setiap kabupaten kota, Peradin ini kurang adanya anggota yang berdomisili atau melayani, tapi juga mohon bantuan kepada wartawan untuk menyebarkan misi kita, misi dan visi peradin untuk membantu mereka yang bermasalah dengan hukum, baik itu masalah pidana maupun perdata.

Pesan untuk masyarakat, silahkan Saudara-Saudara yang bermasalah dengan hukum, hubungi DPC PERADIN dimana Saudara berada, apakah itu di kotamadya atau di kabupaten, dimana Saudara tinggal, tidak mesti harus ke Surabaya tutur Maryanto (Nwi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here