PEMKAB PEKALONGAN LAKUKAN KERJASAMA DENGAN KOTA PEKALONGAN DAN KABUPATEN BATANG

0
50

KAJEN – Pemerintah Kabupaten Pekalongan melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kota Pekalongan dan Pemkab Batang dalam rangka kerjasama pembangunan daerah. Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si, Walikota Pekalongan HM. Saelany Machfudz SE, dan Asisten Administrasi Drs. Ripyono MSi mewakili Bupati Batang, di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Kamis (14/3/2019).
Perjanjian kerjasama antar pemerintah daerah ini mengawali kerjasama di berbagai sektor dan bidang antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Batang.


Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si mengatakan beberapa poin kerja sama lintas sektoral yang dilakukan antara lain sistem pengelolaan sampah, kebersihan lingkungan serta pengelolaan limbah yang mengalir dari hilir ke hulu sungai, serta ketersediaan air bersih.
“Kerjasama yang dilakukan sudah diatur sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2018 tentang kerja sama daerah. Khusus untuk kerjasama antara Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan, difokuskan dalam hal pelayanan masyarakat dan pemenuhan kebutuhan masyarakat,” katanya.

Bupati menjelaskan satu di antara kerja sama yang dilakukan mengenai kebutuhan air bersih untuk tiga daerah. “Pemprov Jateng sudah membuat Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) yang sumbernya ada di Kabupaten Pekalongan tempatnya di Kecamatan Talun. Di mana air bersih tersebut akan digunakan Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Batang,” jelasnya.

Selain pasokan air bersih, kebersihan sungai dan pengelolaan sampah menurutnya wajib dikoordinasikan. “Kabupaten Pekalongan ada di hilir dan Kota Pekalongan merupakan hulu. Kalau tidak bersinergi akan susah menangani permasalahan sampah dan kebersihan sungai, maka dari itu kerjasama tiga daerah ini merupakan langkah yang sangat strategis,” jelasnya.

Terkait sampah Bupati Asip menerangkan, Kabupaten Pekalongan menawarkan kepada Kota Pekalongan tentang pengelolaan sampah modern. “Karena kami akan membangun TPA di Kecamatan Talun yang bisa menampung sampah dari Kota Pekalongan, tidak hanya itu, karena pengelolaan sampah modern nantinya bisa diolah menjadi sumber listrik. Tinggal bagaimana nantinya MoU dilakukan,” tambahnya. (Rustianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here