Kemenkes Gelar Sosialisasi Hidup Sehat

0
66

SURABAYA, SINAR POS – Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Komisi IX DPR RI Gelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kampus STIESIA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Suarabaya pada Hari Jum’at 15 Maret 2019.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Komisi IX / Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Dra. Lucy Kurniasari mengatakan Kita mengadakan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat, komisi 9 DPR RI, mengadakan kegiatan ini secara serentak di 13 Provinsi 137 kota kabupaten dimana ini sangat ujung tombak dalam masyarakat kita harus turun bersama-sama dengan kementerian terkait mesosialisasikan bagaimana pola hidup sehat disampaikan sekarang ini. Kan sudah bergeser pola kehidupan kita, penyakit yang dulunya pada tahun 90 banyak penyakit menular, penyakit yang tidak menular, kenapa karena pola hidup masyarakat. Jadi kita meng-edukasi masyarakat masyarakat lewat kegiatan sosialisasi-sosialisasi ini ujarnya.


Kita sebetulnya temanya kan Germas, jadi bukan BPJS harusnya pertanyaan itu di sampaikan pada saat kita sosialisasi dengan BPJS. Nanti kita ada kegiatan sosialisasi dengan BPJS, bisa ditanyakan bagaimana kinerjanya, memang tidak semua kesalahan kita, tumbuhkan pada pusat, ya karena apa, karena daerah ini, juga sekarang, tadi otonomi daerah tentunya kinerja rumah sakit SDM itu juga kita serahkan sepenuhnya di Pemerintah daerah bagaimana membina rumah sakit tersebut saat ini. Memang awalnya memang yang sehat, oleh karena itu gerakan ini juga membantu agar menekan supaya orang=orang yang sakit itu berkurang, paling tidak, sehingga yang sekarang ini kita ketahui bahwa BPJS kesehatan devisit. Kita harus cari cara masalahnya dimana, karena ternyata ada juga laporan dari beberapa kelompok masyarakat bahwa masyarakat kita ini juga budaya membayar ini kadang-kadang tak terlupakan, jadi begitu sudah selesai sakit, sudahsembuhlah kritik bayar, begitu kita coba budaya itu kita rubah, kita bentuk kader-kader BPJS di setiap kelurahan agar supaya apa, kalau sadar mereka untuk mengingatkan sehari-hari mereka ketemu langsung denga masyarakat sekitar, sudah membayar atau belum, dan dia dikasih kewenangan untuk melakukan pembayaran. Katanya.

Untuk pola hidup sehat adalah jangan merokok dan minum minuman yang ber-alkohol. Lalu kemudian, sekarang ini anak-anak kita terutama dari keluarga kita, dari saya, dulu itu mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran itu sangat penting, karena anak-anak sekarang sukanya, tuh yang makanan siap saji, lau olahraga-olahraga dimanapun juga bisa melakukan peregangan lalu mungkin setelah pulang kantor bisa melakukan olahraga itu disarankan 30 menit lalu kemudian lingkungan-lingkungan kita bagaimana, lingkungan bersih, tidak bermewah-mewah, tapi kita bersih.

Harapan kedepannya masyarakat khususnya di kota Surabaya ini bisa lebih sehat dengan gerakan masyarakat hidup sehat, keluarga yang sejahtera, sakinah, mawaddah warohmah bisa terbentuk tutur Lucy. (Nwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here