Wabup : Insha Allah TMMD Sesuai Target

0
42

Jember, Sinar Pos

Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief meninjau pembangunan fisik dalam program TMMD ke-104 di Desa Gunung Malang, Kecamatan Sumberjambe.
Kunjungan untuk melakukan evaluasi tersebut dilaksanakan bersama Ketua Pengawasan dan Evaluasi TMMD Mayjen TNI Suko Pranoto, Selasa, 12 Maret 2019.

Pembangunan fisik yang ditinjau yakni fasilitas MCK Umum dan mushollah.
Wabup menjelaskan, pembangunan MCK dan mushollah masih permulaan. “Kebetulan ini masih permulaan. Insya Allah ini sesuai target, selesai selama 30 hari,” ujar Wabup.

Pembangunan fasilitas itu diharapkan menjadi inisiasi bagi masyarakat untuk memulai hidup bersih, dengan mengajari masyarakat membuang air besar di MCK.

Sementara Mayjen TNI Suko Pranoto menyampaikan, kunjungan ini dalam rangka pengawasan dan evaluasi terhadap perencanaan, selama pelaksanaan, hingga selesai.

Karena pengawasan serta evaluasi perlu dilakukan dengan benar dan baik, karena akan ada tiga kali TMMD dalam setahun
“Jangan main main dengan program ini, karena ini menggunakan anggaran negara yang harus dipertanggung jawabkan ,” tegasnya.

Mayjen Suko mengatakan, anggaran Rp. 3 M harus diwujudkan dengan baik. “TMMD ini sudah koordinasi lintas sektoral, kementerian-kementerian juga terlibat disini,” ungkapnya.

Ada sasaran fisik dan non fisik. Sasaran non fisik seperti penyuluhan untuk mengajak yang muda kepada kebaikan di era milenial ini.
“Kualitas maupun kuantitas yang dihasilkan dari sasaran fisik harus ada. Kita nilai nanti,” ujarnya. MCK umum dapat memberikan pembelajaran hidup sehat.
Sebelum meninjau lokasi, Dandim 0824 Jember Arif memberikan paparan kepada Ketua Masev TMMD. Pemaparan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan bersama TNI, Polisi, serta masyarakat,.
Kegiatan yang dipaparkan diantaranya pembangunan fisik maupun non fisik, seperti musholla dan infrastruktur jalan.
“Kodim 0824 Jember beserta Pemkab, siap menyukseskan TMMD ke-104 tahun anggaran 2019 di Desa Gunung Malang Sumber Jambe Jember,” katanya.

Perlu kita ketahui , Mayjen Suko Pranoto sebelum ke lokasi TMMD ketika di temui di Hotel Aston menjelaskan bahwa, pengawasan dan evalusi ada standarnya. (Bas/Rol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here