Focus Group Discussion Santri Jogo Kali Bersama Warga Masyarakat Bantaran Sungai Gude Ploso

0
99

Jombang, Sinar Pos

Kebersihan Sungai Gude Ploso beberapa waktu ini tampak mengalami kemajuan yang signifikan.

Hal ini setelah secara rutin Satgas Jogo Kali bersama – sama membersihkan sungai.

Warga masyarakat merasa senang dengan adanya Satgas Jogo Kali yang merupakan bagian dari tim Santri Jogo Kali.

Ungkapan itu di sampaikan oleh H. Sulchan Ismu warga RT 001/ RW 004 dalam acara Focus Group Discussion ( FGD ) pada Selasa, 12/3/2019.

” Sebelumnya saya selaku warga yang sedari kecil hingga tua begini tinggal di bantaran Sungai Gude Ploso mengucapkan rasa terima kasih atas adanya program dari Santri Jogo Kali yang membentuk Satgas Jogo Kali, karena sejak adanya program ini sungai menjadi bersih dan rapi. Yang sebelumnya banyak semak – semak dan sampah yang berserak sekarang menjadi bersih dan rapi ,” ungkapnya.

Sementara itu Fathkur selaku ketua Santri Jogo Kali saat memimpin FGD bersama warga masyarakat yang mewakili 3 RT dari 2 RW di Desa Pesantren mengatakan, perlunya kesadaran masyarakat untuk saling membantu dalam hal menjaga kebersihan sungai.

” Kedepan akan kita usulkan untuk di buat beberapa bak sampah di bantaran sungai sepanjang DAM Ngrawan hingga Desa Pesantren, dan sampah dapat di kelola menggunakan sistem bank sampah sehingga memiliki nilai ekonomis. Bisa di mulai dengan memisahkan sampah organik dengan non organik. Sampah plastik dapat dikumpulkan dan di jual oleh warga sehingga tidak di buang begitu saja ” jelasnya

Dalam diskusi kali ini juga di bahas bagaimana bisa mendorong di terbitkannya Peraturan Desa (Perdes) yang berkaitan dengan larangan membuang sampah dan sanksi bagi yang melanggar untuk nantinya dapat di terapkan sebagai landasan / tekad bersama dalam menjaga kebersihan sungai. (ff)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here