Dana Desa 2019 Ada Tambahan 300 Juta Setiap Desa

0
118

Jember, Sinar Pos

Upaya Pemkab Jember untuk mengantisipasi sedini mungkin adanya penyalahgunaan dalam pengelolaan dana desa (DD), maka digelar Klinik Konsultasi yang diselenggarakan pada hari Senin, 11/3/19 bertempat di Aula Pemkab Jember, Jl. Soedarman No. 1 Jember.

Untuk itu Kepala Desa mengharap dan memerlukan bantuan dan dukungan ilmu untuk bagaimana cara mengelola dana desa (DD) yang benar.

Bantuan dan dukungan bagaimana untuk Kepala Desa itu berupa Klinik Konsultasi yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jawa Timur bersama Inspektorat Pemetintah Kabupaten Jember. dimana klinik konsultasi ini sangat diperlukan oleh pemerintah desa,
Bilamana dalam klinik konsultasi ini ditemukan adanya penyalahgunaan dana desa maka akan segera ditindaklanjuti.

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, mengatakan jika terdapat dugaan bahwa Kepala Desa melakukan pelanggaran dalam pengelolaan dana desa maka akan ditindakkanjuti sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.

 

“Jika itu fitnah, maka segera diklarifikasi agar cepat klear, Jika ada temuan supaya segera ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku ,” ujarnya.

Inspektorat Pembantu Provinsi Jawa Timur, Samsul Huda, SH, Mi, menyampaikan, jika ada pelanggaran dalam pengelolaan dana desa, maka akan ditindaklanjuti sesuai dengan kesalahannya. Karena pemberian dana desa untuk tahun 2019 ini ada peningkatan yang rata-rara per desa ada kenaikan sebesar 300 juta dari tahun sebelumnya, maka diperlukan pengetahuan dan keterampilan bagi kepala desa dalam pengelolaannya.
Inspektorat Provinsi, hanya mempunyai kewenangan untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pengelolaan dana desa.
Di Permendagri kita tidak melakukan pemeriksaan, kita hanya melakukan monitoring,” jelasnya.
Kewenangan pemeriksaan dana desa itu ada di Inspektorat Kabupaten maupun di Kecamatan.
Wujud monitoring itu adalah kerjasama antara Inspektorat Provinsi dan Inspektorat Kabupaten serta DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) dengan menggelar Klinik Konsultasi.k
“Dengan adanya klinik konsultasi di Jember, nanti tidak ada satupun perangkat desa terjerat permasalahan,” katanya.

Samsul Huda mengharap dan menghimbau, agar dana desa ini harus dikelola sesuai dengan ketentuan yang telah ada . Jika memang tidak tahu, bisa konsultasi dengan yang bersangkutan. seperti, Inspektorat Kabupaten maupun Provinsi.

” Samsul Huda berharap, hendaknya dana desa bisa digunakan untuk sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dan sesuai dengan harapan masyarakat yang telah menjadi prioritas masyarakat setempat. (Bas/Rol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here