BUPATI PEKALONGAN INSTRUKSIKAN KEPALA DESA UTAMAKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DARI DANA DESA

0
59

SINAR POS, KAJEN

Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si berikan instruksi kepada 33 kepala desa yang beberapa waktu lalu dilantik. Dalam instruksinya, para kepala desa diwajibkan mengedepankan kesejahteraan masyarakat.

“Wujudkan pemerintahan yang transparan dan kredibel, agar memajukan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat desa,” jelasnya, (14/2/2019).
Ia juga menuturkan, kemajuan desa akan dinilai oleh Pemerintah Daerah guna menentukan alokasi dana desa. “Di Kabupaten Pekalongan setiap desa rata-rata mendapatkan dana desa Rp 900 juta, besaran alokasi tersebut tergantung prestasi pemerintah desa masing-masing,” katanya.

Pihaknya juga mengimbau pemerintah desa melakukan kontrol dalam penggunaan dana desa yang sudah dialokasikan. “Jangan sampai pembangunan tidak bermanfaat, apa lagi yang menyampingkan kepentingan masyarakat,” imbuhnya.

Ia menambahkan pemerintah desa wajib membuat rancangan pembangunan jangka panjang. “Dalam arti, jika ada rencana jangka panjang akan mempermudah adanya pengalokasian anggaran dana desa. Tahun ini Kabupaten Pekalongan beruntung, karena mendapat anggaran dari Pemerintah Pusat untuk dana desa Rp 259 miliar lebih,” tambahnya.(Rustianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here