Monitoring Dan Evaluasi Kegiatan Operasi Kamladu ASDP Jatim 2018

0
108

Surabaya, Sinar Pos – Dinas Perhubungan Jatim UPT Pelabuhan penyebrangan Paciran, menggelar acara Monitoring dan Evaluasi kegiatan Operasi Kamladu Angkutan sungai, danau dan penyebrangan di wilayah jatim 2018 di Hotel Sahid Surabaya Senen (10/12).

Kupt Pelabuhan Paciran, Didik Sudiwinarto menyatakan ini acara Monitoring dan evaluasi keamanan laut terpadu, dalam arti kami menggandeng mitra kami Syahbandar, berkaitan dengan keamanan, kelaikan dan keselamatan penumpang. Di tahun 2018 kami sudah 21 kali dalam pengerjaan di wilayah kabupaten/kota yang ada sungainya. Contohnya Bojonegoro, tuban, malang dan sebagainya, kita evaluasi apa kekurangannya, kedepannya kita perbaiki supaya kecelakaan yang di wilayah sungai dan danau itu tidak terjadi seperti kejadian di danau Toba ujarnya.

Di tahun 2018 yang namanya kecelakaan di jatim belum ada, mudah-mudahan tidak terjadi, makanya kita evaluasi supaya kejadian itu (evaluasi, monitoring) tetap berlangsung. Kedua kita mengevaluasi kekurangan-kekurangan terhadap kabupaten/kota yang punya sungai, sarananya bagaimana untuk dilengkapi supaya tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan. Jadi yang berkaitan dengan keselamatan dan keamanan, bagaimana sarananya, karena kapal penyebrangan tidak sebesar kapal yang berlayar di laut, minimal ada pengaman, reling ( pagarnya) supaya tidak terjadi apa-apa, kedua juga sarana dermaganya itu kadang-kadang belum di dermaga yang bagus. Kalau malam hari minimal ada penerangan, di kapalnya harus ada baju pelampung (life jacket), perlengkapan keselamatannya (safety equipments), juga ada pemadam kebakarannya, minimal keamanan dan keselamatan peralatannya. minimal operatornya harus ada SKKnya, ini nanti akan kita tingkatkan agar mereka punya SKK, ya kalau di darat SIM operatornya katanya.

Kalau di akhir tahun tentu ada peningkatan pelayanannya. kalau di paciran – bawean satu kapal KMP Giliyang. kalau tahun baru kenaikannya tidak seperti lebaran, Didik berharap mudah mudahan pelayanan angkutan sungai, danau, penyebrangan tetap berjalan dengan aman dan tidak ada kejadian yang tidak kita inginkan, semuanya lancar dan selamat tuturnya.(Nwi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here